Perancangan Sekolah dan Fungsi Campuran dengan Konsep “The Third Teacher” di Pamulang

Dwi Anindita, Adinda (2020) Perancangan Sekolah dan Fungsi Campuran dengan Konsep “The Third Teacher” di Pamulang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (821kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (262kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (285kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Arsitektur sekolah tradisional ternyata belum mampu membuat siswa-siswa berekonomi lemah tetap memperoleh hak belajar, maka sekolah memerlukan fungsi campuran dan campur tangan masyarakat sekitar. Pamulang mempunyai masalah sama namun lokasi berpotensi mengumpulkan masyarakat untuk berkegiatan ekonomi di ruang publik. Maka, konsep �The Third Teacher� pada sekolah menjembatani anak-anak berekonomi lemah di Pamulang melalui penggabungan fungsi campuran. Wadah arsitektural bagi sekolah dengan fungsi campuran adalah pendidikan, ruang komersial dan publik. Fungsi pendidikan sebagai tempat belajar mendapatkan dukungan ekonomi dari fungsi komersial. Dan, ruang publik membantu menarik masyarakat untuk datang dan berkegiatan memanfaatkan fungsi komersial sekaligus mendukung fungsi pendidikan. Pendekatan rancangan sekolah menggunakan konsep �The Third Teacher� dengan parameter, seperti (1) let the sunshine in, (2) bring the outside in, (3) be a good neighbor, (4) reveal how stuff works, (5) trigger the senses, (6) open the doors, dan (7) break down social barriers. Tujuan perancangan adalah mewadahi fasilitas pendidikan dengan fungsi campuran dengan cara belajar memberikan keterampilan khusus dan langsung bersinggungan dengan kegiatan komersial dan publik.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: The Third Teacher; Sekolah; Fungsi Campuran
Divisions: Faculty of Art & Design > Architecture
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 16:58
Last Modified: 17 Feb 2023 02:56
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14704

Actions (login required)

View Item View Item