Melrose, Melrose (2020) Implementasi Strategi Komunikasi Internal PT HM Sampoerna Tbk. dalam Menginternalisasikan Budaya Self Learning Perusahaan (Studi Kasus Digital Learning Platform #AdaWaktunyaBelajar). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (836kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (698kB) | Preview |
|
Text
BAB_II.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (777kB) |
||
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (299kB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
||
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (402kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Sebagai perusahaan rokok terbesar di Indonesia, PT HM Sampoerna Tbk. berusaha mengimplementasikan nilai-nilai perusahaan THRIVE � Signature for Leadership menjadi budaya perusahaan yang diintegrasikan dalam budaya self learning karyawannya yang tersebar di kantor dan pabrik di seluruh Indonesia. Strategi komunikasi internal dengan program #AdaWaktunyaBelajar (AWB), sebuah digital learning platform, diharapkan dapat menginternalisasikan budaya perusahaan di mana karyawan dapat belajar secara mandiri dengan platform yang telah disediakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan implementasi dan tahapan strategi komunikasi program AWB menggunakan model perencanaan komunikasi ACADA. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan studi kasus serta teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi pustaka. Penelitian ini menemukan bahwa strategi komunikasi meliputi sejumlah tahap dimulai dari merumuskan latar belakang masalah: era transformasi dan budaya learning yang sudah ada sedari dulu belum diterapkan secara intensif; assessment dengan merumuskan kebutuhan karyawan secara searah, memprioritaskan target audience untuk karyawan di kantor pusat, merancang key message #AdaWaktunyaBelajar dan fitur program dengan gimmick points & rewards, serta penggunaan media intranet yang membuka akses lebih luas bagi seluruh karyawan; eksekusi program dengan campaign online dan offline; hingga evaluasi secara kuantitatif. Setelah berjalan selama hampir satu tahun, berdasarkan evaluasi access rate dan engagement rate, 30% dari 9000 karyawan telah mulai belajar mandiri.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Strategi Komunikasi Model ACADA, Internal Relations, Culture Engagement |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2020 16:42 |
Last Modified: | 28 Apr 2023 02:07 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14724 |
Actions (login required)
View Item |