Perancangan Sign System pada Taman Wisata Alam Gunung Papandayan

Vinsensius, Denis (2019) Perancangan Sign System pada Taman Wisata Alam Gunung Papandayan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Laporan ini dirancang berdasarkan keinginan penulis untuk membantu pengunjung wisata Taman Wisata Alam Gunung Papandayan untuk mendapatkan rasa aman dan membantu pengunjung dalam menemukan tempat wisata yang ingin dituju. Penulis lalu melakukan pencarian data dengan menggunakan metode kualitatif meliputi wawancara, observasi partisipatif, dan studi alur pada lokasi tersebut. Berdasarkan data yang penulis dapatkan ternyata signage yang telah ada pada Taman Wisata Alam Gunung Papandayan dirancang secara tidak efektif. Data tersebut disebabkan oleh tiga faktor, yaitu 75% bentuk signage tersebut hanya berisi quotes, penempatan yang tidak jelas sehingga faktor keterbacaannya menurun, dan juga tinggi pada sign yang telah ada tidak sesuai dengan eye-level pada mata manusia. Kemudian proses perancangan laporan ini telah disusun berdasarkan metode perancangan David Gibson mulai dari tahap perencanaan, desain, hingga implementasi. Pada prosesnya, penulis menciptakan desain sign system untuk Taman Wisata Alam Gunung papandayan dengan empat kategori signage, yaitu identification sign, directory sign, orientation sign, dan regulatory sign.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: signage, adventure, nature
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 003 Systems (Computer Modeling and Simulation)
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 16:35
Last Modified: 18 Oct 2023 00:16
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14734

Actions (login required)

View Item View Item