Perancangan Arsitektur Madrasah di Tangerang sebagai Ruang Belajar Publik Melalui Peningkatan Peran Perpustakaan

Sacra Ainush Shafa, Scientia (2020) Perancangan Arsitektur Madrasah di Tangerang sebagai Ruang Belajar Publik Melalui Peningkatan Peran Perpustakaan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (756kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (654kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (625kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Madrasah mengalami pergeseran makna melalui sejarah panjang hingga akhirnya menjadi bagian dari ruang sosial masyarakat, termasuk wilayah perkotaan di Indonesia. Pergeseran makna keterbukaan pada madrasah mulai dari keterbukaan bagi segala kalangan tanpa batasan agama sampai keterbukaan bagi kalangan Islam saja. Dalam madrasah, salah satu elemen penting adalah perpustakaan yang membawa makna keterbukaan. Namun, peran keterbukaan dalam perpustakaan madrasah saat ini luntur dan tidak lagi menjadi ruang yang menarik bagi sebagian besar pelajar. Sedangkan di Tangerang, banyak pelajar memilih belajar dan berdiskusi di ruang-ruang publik, seperti restoran atau kafe, bukan di perpustakaan. Perpustakaan memiliki potensi menyatukan aktivitas belajar dan bertukar pikiran sehingga perpustakaan mampu mengembalikan makna keterbukaan pada madrasah. Dalam kaitannya dengan madrasah, perpustakaan pernah memiliki peran besar dalam mempertemukan umat Islam dengan umat agama lain atau bangsa lain untuk bekerjasama dalam memajukan ilmu pengetahuan. Perpustakaan tetap menjadi bagian dari madrasah di era modernisasi, namun perpustakaan perlu beradaptasi dengan kebutuhan pelajar saat ini. Dalam perancangan ini, penulis mengembalikan makna keterbukaan pada perpustakaan madrasah yang terbuka bagi kalangan pelajar tanpa batasan agama dan bangsa. Akhirnya, perancangan arsitektur madrasah di Tangerang bertujuan untuk mengkaji perubahan makna madrasah di Indonesia berdasarkan perubahan karakter ruang perpustakaan, dan mengidentifikasi peluang madrasah melalui peran perpustakaan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan bagi masyarakat luas.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: madrasah; perpustakaan; makna keterbukaan
Divisions: Faculty of Art & Design > Architecture
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 15:10
Last Modified: 29 Mar 2023 06:37
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14860

Actions (login required)

View Item View Item