Irham Dwipayana, Muhammad (2020) Pengaruh Effort Expectancy, Performance Expectancy, Social Influence, Trust, Network Externalinties terhadap Behavioral Intention dan Implikasinya terhadap Actual Use Layanan Mobile Payment. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (594kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (576kB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (810kB) |
||
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (193kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Sektor keuangan merupakan salah satu sektor yang memiliki pengaruh besar dalam pertumbuhan ekonomi sebuah negara. Dalam era globalisasi ini sektor keuangan mendapat pengaruh besar dari perkembangan teknologi. Financial technology merupakan tanda dari pengaruh teknologi dalam sektor keuangan. Salah satu contoh dari Financial technology adalah Mobile payment. Dengan Mobile payment diharapkan dapat meningkatkan inklusifitas keuangan di Indonesia yang masih tertinggal dari negara lain. Dalam perkembangannya di Indonesia, jumlah pengguna Mobile payment masih belum mencapai target pemerintah yaitu sebesar 0,7%; dimana jumlah pengguna ditargetkan sebesar 5%. Oleh karena itu dibutuhkan suatu penelitian mengenai faktor yang mempengaruhi dalam penggunaan mobile payment. Berdasarkan hal diatas, penulis menggunakan beberapa variabel yang diduga menjadi faktor yang mempengaruhi penggunaan mobile payment yaitu effort expectancy, performance expectancy, social influence, trust, network externalities, dan mencoba untuk melihat pengaruhnya terhadap behavioral intention serta implikasinya terhadap actual use layanan mobile payment. Pengumpulan hasil kuesioner responden dilakukan selama tiga bulan dimulai pada bulan Oktober sampai dengan Desember 2019. Selama proses penelitian ini penulis mengalami beberapa kendala seperti pencarian referensi dan pengumpulan data kuesioner responden. Hasil pengolahan data dari 140 responden menggunakan metode Partial Least Square – Structural Equation Model (PLS-SEM) dengan aplikasi SmartPLS menunjukan bahwa effort expectancy, performance expectancy, network externalities memiliki pengaruh signifikan terhadap behavioral intention. Faktor social influence dan trust memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap behavioral intention. Dan Behavioral intention memiliki pengaruh yang signifikan terhadap actual use dari layanan mobile payment.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Mobile Payment, effort expectancy, performance expectancy, social influence, trust, network externalities, behavioral intention, actual use. |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction 300 Social Sciences > 330 Economics > 336 Public Finance |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 26 Oct 2021 04:12 |
Last Modified: | 23 Jun 2023 01:56 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14872 |
Actions (login required)
View Item |