Strategi Manajemen Konflik Interpersonal Remaja dalam Sekolah Khusus Pria (Studi Kasus Perundungan Antarseminaris di Seminari Menengah Wacana Bhakti Jakarta)

Mattovana, Josephine Beata (2020) Strategi Manajemen Konflik Interpersonal Remaja dalam Sekolah Khusus Pria (Studi Kasus Perundungan Antarseminaris di Seminari Menengah Wacana Bhakti Jakarta). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (249kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (524kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (121kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

STRATEGI MANAJEMEN KONFLIK INTERPERSONAL REMAJA DALAM SEKOLAH KHUSUS PRIA (Studi Kasus Perundungan Antarseminaris di Seminari Menengah Wacana Bhakti Jakarta) Oleh: Josephine Beata Mattovana Seminari merupakan tempat persemian benih panggilan khusus untuk menjadi seorang imam atau biarawan Katolik yang terdiri dari pria seluruhnya. Seminari Menengah Wacana Bhakti membatasi jumlah seminaris untuk membuat iklim pendidikan hidup berkomunitas menjadi efektif. Pembatasan jumlah ini mengandaikan keintiman hubungan dan semakin besarnya resiko pertentangan dan bahkan konflik. Pria cenderung memilih untuk menghadapi konflik karena bagi pria hidup adalah pertandingan. Tetapi dengan konflik yang terjadi di seminari tidak menutup kemungkinan akan adanya strategi penyelesaian konflik interpersonal demi menyelesaikan konflik dan memperbaiki hubungan antarseminaris. Skripsi yang berjudul �Strategi Manajemen Konflik Interpersonal Remaja Dalam Sekolah Khusus Pria (Studi Kasus Perundungan Antarseminaris di Seminari Menengah Wacana Bhakti Jakarta)� memaparkan hasil penelitian terhadap seminaris yang terlibat dalam konflik perundungan pada awal tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan konflik interpersonal para seminaris yang terdiri dari pria seluruhnya dilihat dari sisi sumber isu dan tipe konflik, tahap resolusi konflik, strategi manajemen konflik, dan intervensi formal pihak ketiga. Teori yang digunakan adalah tahap resolusi konflik yang digagas oleh John Dewey, sumber isu dan strategi manajemen konflik oleh Joseph A. Devito, tipe konflik oleh Richard West dan Lynn H. Turner, dan intervensi pihak ketiga oleh Joyce L. Hocker dan William Wilmot. Penelitian ini disusun dengan paradigma post-positivisme dan pendekatan kualitatif. Kemudian metode yang digunakan adalah studi kasus oleh Robert K. Yin dengan metode pengumpulan data melalui wawancara dengan lima seminaris yang terlibat konflik beserta seorang guru kepribadian dan melalui dokumen. Hasil penelitian menunjukkan dalam kasus konflik perundungan yang terjadi di Seminari Menengah Wacana Bhakti mengimplementasikan kelima tahap resolusi konflik guna menyelesaikan konflik perundungan. Dalam mengelola konflik, strategi yang dominan diterapkan adalah win-win strategy, active fighting strategy, talk strategy, present focus strategy, spontaneity strategy, acceptance strategy, dan face-enhancing strategy. Bantuan pihak ketiga secara formal berperan sebagai mediator dan konselor dalam membantu mengelola konflik.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: konflik interpersonal, manajemen konflik, seminari
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 14:33
Last Modified: 28 Apr 2023 01:46
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14913

Actions (login required)

View Item View Item