Pengaruh Komunikasi Persuasif Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (RANS) sebagai Brand Ambassador Tiket.com terhadap Minat Beli

Theresia, Chelsea (2020) Pengaruh Komunikasi Persuasif Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (RANS) sebagai Brand Ambassador Tiket.com terhadap Minat Beli. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (732kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (382kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (474kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (161kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan brand ambassador sebagai komunikator suatu brand untuk mempromosikan produk, kini telah banyak diterapkan oleh perusahaan di segala jenis bisnis yang merambah ke segala sektor maupun startup seperti Tiket.com. Tiket.com sebagai pionir online travel agent telah menggunakan brand ambassador Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (RANS) untuk menjalin kerja sama dan RANS sudah dikenal oleh masyarakat luas bahwa mereka adalah keluarga artis terkenal di Indonesia yang memiliki hobby travelling. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh komunikasi persuasif RANS sebagai brand ambassador Tiket.com terhadap minat beli. Teori yang digunakan adalah Elaboration Likelihood Model (ELM), yang menjelaskan bagaimana individu memproses pesan iklan melalui rute sentral dan rute periferal. Teori ELM didukung dengan konsep komunikasi persuasif brand ambassador dan minat beli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat eksplanatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah mempunyai akun Instagram dan sudah melihat konten RANS sejak enam bulan terakhir dengan jumlah sampel sebesar 210 responden yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner online. Hipotesis diuji dengan regresi linier sederhana dan hasilnya menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan komunikasi persuasif RANS sebagai brand ambassador Tiket.com terhadap minat beli sebesar 38,5%. Artinya kredibilitas, daya tarik, dan pesan yang disampaikan RANS dapat mempersuasi travelling.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: brand ambassador, minat beli, RANS, Tiket.com
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 14:15
Last Modified: 11 May 2023 06:48
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14941

Actions (login required)

View Item View Item