Pengaruh Tingkat Literasi Media dan Informasi terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Karakteristik Berita Bersponsor pada Siswa di 4 SMA Tangerang

Vanesa Valeria, Valentina (2020) Pengaruh Tingkat Literasi Media dan Informasi terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Karakteristik Berita Bersponsor pada Siswa di 4 SMA Tangerang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (951kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (780kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (583kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Keberadaan berita bersponsor (native advertising) di media online Indonesia mulai populer. Berita bersponsor adalah berita baik dalam media online maupun surat kabar online (e-paper) yang dibuat atas permintaan seseorang atau sebuah lembaga agar berita atau informasi tentang dirinya, atau sebuah produk, atau lembaganya dapat dimuat dalam media tersebut. Untuk itu, media akan mendapatkan sejumlah imbalan. Karakteristik dari berita bersponsor mirip dengan berita yang dibuat oleh wartawan untuk memenuhi kepentingan masyarakat. Beberapa media online yang telah menerapkan berita bersponsor yaitu Tempo.co, Kompas.com, Merdeka.com, Detik.com, dan lainnya. Akibatnya, khalayak memeroleh informasi yang tidak objektif karena bukan berdasarkan pada kepentingan publik. Maka dari itu, penting bagi pembaca untuk memiliki kemampuan literasi media dan informasi (LMI) yang terkait dengan komunikasi komersial. Peneliti menggunakan kerangka konsep LMI dari UNESCO untuk mengkaji bagaimana siswa atau remaja yang belum memiliki pemikiran matang dan kritis dalam menghadapi banjir informasi dari media. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei menggunakan kuesioner online dilakukan kepada 550 responden siswa di 4 SMA negeri dan swasta Tangerang yang terdiri dari dua wilayah yaitu Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan mengidentifikasi karakteristik berita bersponsor pada siswa SMA dapat dipengaruhi oleh literasi media dan informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata tingkat literasi media dan informasi (variabel X) siswa di 4 SMA Tangerang sebesar 3,22 sedangkan nilai rata-rata kemampuan mengidentifikasi karakteristik berita bersponsor (variabel Y) sebesar 3,20 dari skala 1-4. Dari hasil uji regresi diketahui bahwa variabel X berkontribusi sebesar 31,9% bagi terjadinya Y.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: kemampuan mengidentifikasi karakteristik berita bersponsor, literasi media dan informasi, UNESCO
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 12:47
Last Modified: 21 Jun 2023 01:46
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15076

Actions (login required)

View Item View Item