Pengaruh Terpaan Berita yang Bersumber dari Twitter Terhadap Persepsi Kredibilitas Sumber Utas di Twitter: Survei Generasi Z di DKI Jakarta

Juliano Indarto, Timothy (2020) Pengaruh Terpaan Berita yang Bersumber dari Twitter Terhadap Persepsi Kredibilitas Sumber Utas di Twitter: Survei Generasi Z di DKI Jakarta. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (832kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (517kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (389kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (228kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Oleh: Timothy Juliano Indarto Kinerja dalam dunia jurnalistik terus berinovasi seiring perkembangan teknologi. Saat ini sumber berita dari media sosial semakin lazim digunakan dan jurnalis sering kali menulis berita melalui sumber konten-konten viral di media sosial seperti Twitter, Facebook, dan Instagram. Beberapa penelitian dari Flanagin dan Metzger menemukan bahwa terdapat kemungkinan seseorang yang memiliki pengalaman lebih dengan internet akan merasa bahwa informasi di internet lebih kredibel. Penelitian Ariadna Fernandez-Plannells juga menemukan bahwa terpaan media sosial Twitter meningkatkan kepercayaan publik terhadap kepercayaan informasi di Twitter. Belum ada penelitian terdahulu yang meneliti pengaruh media internet terhadap persepsi kredibilitas dari dua platform yang berbeda, sehingga penelitian ini mengisi kekosongan tersebut. Riset ini bertujuan untuk mencari pengaruh terpaan berita yang bersumber dari Twitter terhadap persepsi kredibilitas sumber thread atau utas Twitter. Pada penelitian ini digunakan konsep terpaan media dan dimensi kredibilitas sumber (Trustworthiness dan Expertise). Riset ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatif dengan metode survei. Sampel yang digunakan adalah 400 responden pengguna Twitter medium-users dan heavy-users yang merupakan penduduk DKI Jakarta berumur 15-24 tahun. Uji korelasi membuktikan bahwa terdapat hubungan yang sangat lemah (dengan nilai 0,109) antara terpaan berita yang bersumber dari Twitter dengan persepsi kredibilitas utas Twitter. Hasil analisis regresi memperlihatkan adanya pengaruh terpaan berita yang bersumber dari Twitter terhadap persepsi kredibilitas utas Twitter sebesar 1,2%. Dari ketiga dimensi terpaan media (frekuensi, durasi, atensi), didapati hanya dimensi atensi yang memiliki pengaruh terhadap persepsi kredibilitas sumber utas Twitter.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Terpaan Berita, Media Sosial, Persepsi, Kredibilitas Sumber
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 12:34
Last Modified: 17 Jun 2023 00:58
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15094

Actions (login required)

View Item View Item