Perbedaan Tingkat Objektivitas Pemberitaan Isu LGBT di Media Online VICE Indonesia dan Kompas.com pada Periode Januari 2019 - Februari 2020

Rafi, M. Ichsan (2020) Perbedaan Tingkat Objektivitas Pemberitaan Isu LGBT di Media Online VICE Indonesia dan Kompas.com pada Periode Januari 2019 - Februari 2020. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (769kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (466kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Menurut Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia pada 2016, media massa di Indonesia, khususnya media online masih belum dapat objektif dalam memberitakan pemberitaan dengan isu LGBT. Sedangkan objektivitas merupakan prinsip penting yang perlu dimiliki oleh jurnalis dan media sebagai pusat informasi bagi khalayak. Penelitian ni menganalisis 35 berita dengan isu LGBT di VICE Indonesia dan 35 berita di Kompas.com dalam rentang waktu antara Januari 2019 � Februari 2020. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif dan menggunakan konsep Objektivitas oleh Westerstahl yang telah dirincikan oleh McQuail sebagai alat ukur penelitian, serta teknik skoring pada setiap indikator di semua berita yang dianalisis. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat perbedaan tingkat objektivitas antara VICE Indonesia dan Kompas.com. VICE Indonesia memiliki nilai rata-rata tingkat objektivitas sebesar 4,17 dan masuk ke dalam kategori sedang. Sementara tingkat objektivitas Kompas.com adalah 5,17 dan masuk ke dalam kategori tinggi. Perbedaan objektivitas ini juga telah dibuktikan secara statistik melalui praktik uji beda (Mann Whitney), dengan nilai signifikansi 0,021. Berdasarkan indikator yang diujikan, Kompas.com unggul pada lima indikator, yaitu pada indikator Faktual, Akurasi, Kelengkapan, Non-Evaluatif, dan Non-Sensasional. Meski begitu, Kompas.com memiliki kelemahan pada indikator Proporsional. Kemudian, VICE Indonesia memiliki nilai yang lemah pada indikator Faktual, Proporsional, Non-Evaluatif, dan Non-Sensasional, namun memiliki nilai yang baik pada indikator Relevansi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Objektivitas, Pemberitaan LGBT, Media Online, VICE Indonesia, Kompas.com
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks
000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 12:19
Last Modified: 19 Jun 2023 06:53
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15116

Actions (login required)

View Item View Item