Pengaruh Tingkat Literasi Media dan Informasi Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Berita Bersponsor pada Siswa 3 SMA Negeri di Tangerang

Valentina Puspito, Beverly (2020) Pengaruh Tingkat Literasi Media dan Informasi Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Berita Bersponsor pada Siswa 3 SMA Negeri di Tangerang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (531kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (446kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (628kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (190kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan jaman saat ini membuat perusahaan iklan ikut beralih ke dunia internet. Karena hal tersebut, pengguna internet merasa terganggu dengan munculnya iklan di setiap laman yang dikunjungi. Iklan yang dianggap mengganggu merupakan iklan berjenis banner, pop-up, dan sejenisnya. Dari hal itu, muncul fenomena baru, yaitu native advertising atau berita bersponsor. Berita bersponsor saat ini banyak diminati dan sering ditemui oleh pengguna internet. Namun sayang, banyak pengguna internet yang belum memahami perbedaan berita bersponsor dengan berita regular karena tampilannya yang sama. Untuk dapat memahaminya, pengguna internet, khususnya remaja harus memahami Literasi Media dan Informasi (LMI). Penelitian ini mengambil sampel siswa di 3 SMA Negeri di Tangerang sebagai responden. Karena itu penelitian ini berjudul �Pengaruh Tingkat Literasi Media dan Informasi Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Berita Bersponsor Siswa di 3 SMA Negeri di Tangerang�. Penelitian ini memiliki dua variabel, yaitu Literasi Media dan Informasi, serta kemampuan mengidentifikasi berita bersponsor. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online pada tiga sekolah SMA Negeri di Tangerang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat Literasi Media dan Informasi berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi berita bersponsor siswa di 3 SMA Negeri di Tangerang. Tingkat Literasi Media dan Informasi siswa di 3 SMA Negeri di Tangerang adalah 3,3 (skala 1-4) termasuk dalam kategori tinggi. Kemudian kemampuan mengidentifikasi berita bersponsor siswa di 3 SMA Negeri di Tangerang adalah juga termasuk tinggi. Sedangkan kontribusi yang diberikan Literasi Media dan Informasi terhadap kemampuan mengidentifikasi berita bersponsor adalah sebesar 30,8%.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Literasi Media dan Informasi, kemampuan mengidentifikasi, berita bersponsor, iklan
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 11:56
Last Modified: 21 Jun 2023 01:41
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15143

Actions (login required)

View Item View Item