Kusuma, Evelyn (2020) Pengaruh Penilaian Khalayak Generasi Y dan Z Mengenai Relevansi Berita pada Isi Pesan terhadap Keterlibatan Khalayak di Akun Instagram @kompascom. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (442kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (416kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (504kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (479kB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
||
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (238kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Saat ini keterlibatan khalayak telah menjadi tolok ukur kesuksesan konten di media sosial. Untuk mendapatkan keterlibatan khalayak yang tinggi, maka konten yang diunggah oleh media pun juga harus relevan dan menarik perhatian khalayak dari berbagai macam faktor. Pada penelitian ini, faktor-faktor tersebut dikaji untuk mengukur tingkat relevansi berita pada akun Instagram @kompascom. Selain itu, tingkat keterlibatan khalayak yang diterima oleh akun Instagram @kompacom serta hubungan dan pengaruh antara kedua variabel tersebut juga dikaji menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment dan uji regresi linier. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sifat penelitian eksplanatif, penelitian ini menggunakan metode survei untuk mengumpulkan data dari 400 responden generasi Y dan Z sebagai generasi pengikut akun Instagram @kompascom terbanyak. Selain itu, untuk menjelaskan tingkat penilaian relevansi berita dan keterlibatan khalayak, klasifikasi nilai mean dilakukan dengan membaginya menjadi kategori rendah, sedang, dan tinggi dalam rentang nilai 1 hingga 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penilaian khalayak generasi Y dan Z mengenai relevansi berita di akun Instagram @kompascom memiliki nilai rata-rata 3,534, tingkat keterlibatan khalayak dengan nilai rata-rata 2,52. Kedua variabel tersebut masuk ke dalam kategori sedang. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa kedua variabel berhubungan dengan koefisien korelasi 0,295 dengan tingkat signifikansi 0,000, yang berarti ada hubungan yang lemah antara kedua variabel. Uji regresi juga memperlihatkan bahwa penilaian relevansi berita berpengaruh terhadap keterlibatan khalayak yang didapat oleh akun Instagram @kompacom dengan koefisien determinasi 8,7% yang berarti pengaruh variabel X terhadap Y lemah.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | keterlibatan khalayak, relevansi berita, kompas.com, Instagram |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2020 11:38 |
Last Modified: | 17 Jun 2023 03:31 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15165 |
Actions (login required)
View Item |