Celine, Bernadette (2020) Komodifikasi Isi terhadap Konsep Kecantikan pada Media Gaya Hidup Popbela.com. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (372kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (293kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (148kB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
||
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (129kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Media merupakan suatu alat perantara yang berfungsi untuk menyalurkan pesan atau informasi kepada penerima pesan atau khalayak. Seiring berkembangannya zaman, kebebasan begitu dimanfaatkan oleh media sehingga pemberitaan tidak terkendali dan mulai menunjukkan kepentingan didalamnya. Selain sebagai wadah pemberitaan, media pun dapat dijadikan institusi bisnis. Informasi dan berita yang disajikan oleh media lebih mengarah pada keuntungan media, bukan pada kepentingan masyarakat atau informasi didalamnya. Sebagai contoh pemberitaan mengenai hobi, kesehatan, kecantikan dan hal yang berkaitan dengan gaya hidup kerap kali mengandung konten yang bersifat komersil atau menawarkan suatu produk tertentu. Dengan demikian, media kerap dijadikan wadah mempromosikan suatu produk kepada pembacanya. Informasi yang mengarah terhadap sifat komersil dalam media merupakan kajian yang menarik untuk diteliti. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kualitatif dan jenis penelitian kualitatif. Dengan menggunakan konsep komodifikasi isi Vincent Mosco penelitian ini bermaksud untuk mengetahui unsur komodifikasi isi pada media. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadinya komodifikasi isi pada media Popbela.com khususnya pada rubrik beauty atau kecantikan berdasarkan tiga kriteria yang ada yaitu: 1) Terdapat tempat pembelian produk, 2) Terdapat harga produk, dan 3) Mempromosikan produk. Analisis isi kualitatif pada artikel rubrik beauty dilakukan dari periode 13 Maret 2020 hingga 13 Mei 2020.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Komodifikasi Isi, Kecantikan, Analisis Isi Kualitatif, rubrik beauty |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2020 11:37 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 07:27 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15166 |
Actions (login required)
View Item |