Penerapan Personal Journalism dalam Konten Newsletter: Studi Kasus pada Newsletter KOMPAS.COM

Mikrefin Yoedo Putra, Nuhansa (2020) Penerapan Personal Journalism dalam Konten Newsletter: Studi Kasus pada Newsletter KOMPAS.COM. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (587kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (220kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (242kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (728kB)

Abstract

Oleh: Nuhansa Mikrefin Yoedo Putra Perkembangan teknologi mendorong munculnya beragam inovasi baru dalam industri media. Adanya perkembangan teknologi membuat media konvensional mulai melakukan konvergensi sebagai bentuk adaptasi dengan kehadiran internet. Salah satu bentuk penyajian konten berita dengan memanfaatkan internet adalah penggunaan newsletter melalui surat elektronik. Dalam membuat konten newsletter, media memiliki ciri khasnya masing-masing. Salah satunya adalah Kompas.com yang membuat newsletter dengan menggunakan pendekatan personal journalism. Pembuatan newsletter dengan pendekatan personal journalism juga berpotensi dalam menciptakan keterlibatan atau engagement dengan para pembacanya. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma post-positivisme. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus yang dikemukakan oleh Robert K. Yin. Penelitian ini dilakukan untuk memahami bagaimana newsletter Kompas.com menerapkan personal journalism menggunakan pemahaman konsep dari Rosalind Coward & Tom Wolfe dan melihat bagaimana engagement dalam newsletter tercipta dengan menggunakan lima prinsip engagement dari Jake Batsell. Hasil penelitian menemukan bahwa newsletter Kompas.com menggunakan personal journalism untuk menciptakan newsletter dengan format surat agar hubungan pribadi antara pembaca dan penulis newsletter menjadi dominan. Peneliti juga menemukan bahwa engagement yang terjadi dalam newsletter Kompas.com saat ini belum maksimal karena masih menggunakan platform lain seperti Instagram untuk menciptakan engagement dengan pembaca. Selain itu, keterlibatan pembaca dalam isi dari konten newsletter belum terlalu menonjol karena newsletter Kompas.com sejatinya masih dalam tahap percobaan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: newsletter, personal journalism, engagement
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 11:34
Last Modified: 17 Jun 2023 08:14
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15170

Actions (login required)

View Item View Item