Haena Rofiah, Evie (2020) Manajemen Redaksi Media Online Lokal di Tengah Persaingan Media: Studi Kasus pada Bidiktangsel.com. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (770kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (429kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (304kB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (2MB) |
||
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (167kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Manajemen dalam sebuah redaksi diperlukan bagi pelaku media di era digital saat ini, terlebih berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pertumbuhan pengguna internet semakin pesat dari tahun ke tahun. Hadirnya internet menyebabkan masyarakat membutuhkan hal yang serba cepat tak terkecuali dalam hal mendapatkan informasi. Hal ini membuat para awak media harus melakukan pemberitaan secara faktual agar informasi dapat cepat tersampaikan kepada masyarakat. Dengan faktor kecepatan ini, membuat ribuan media di Indonesia khususnya media online, berlomba-lomba menjadi yang tercepat agar berita yang dihasilkan, mendapatkan jumlah pembaca yang banyak. Bidiktangsel.com sebagai media online lokal Kota Tangerang Selatan harus dapat menjalankan manajemen dalam redaksinya agar dapat bertahan dalam persaingan dengan media online nasional. Penelitian ini menggunakan konsep manajemen strategi media dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Data yang didapat, dilakukan keabsahan data yang dilakukan dengan uji coba kredibilitas yaitu dengan cara triangulasi sumber dan triangulasi metode. Selanjutnya data dianalisis sesuai dengan analisis menurut Robert E. Stake yaitu dengan pengumpulan kategori, interpretasi langsung, koresponden dan pola, serta generalisasi naturalistik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun Bidiktangsel.com cenderung kekurangan sumber daya manusia (SDM), manajemen yang dilakukan redaksi sudah cukupa baik dengan menjalankan fungsi manajemen berjalan sesuai dengan fungsinya. Dalam meningkatkan kualitas berita, Bidiktangsel.com memberikan pelatihan, uji kompetensi wartawan dan workshop kepada setiap wartawan yang bekerja agar mendapatkan pemahaman mengenai dunia jurnalistik. Untuk tetap bertahan hidup, Bidiktangsel.com mampu menggunakan berbagai media sosial dalam menyebarkan produk jurnalistiknya kepada masyarakat Kota Tangerang Selatan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Manajemen redaksi, media online lokal, Bidiktangsel.com, persaingan, Kota Tangerang Selatan |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2020 11:32 |
Last Modified: | 16 Jun 2023 06:42 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15173 |
Actions (login required)
View Item |