Implementasi POS (Point of Sales) untuk Meningkatkan Kinerja Proses Bisnis pada Resort XYZ di Belitung Indonesia

Hans, Hans (2020) Implementasi POS (Point of Sales) untuk Meningkatkan Kinerja Proses Bisnis pada Resort XYZ di Belitung Indonesia. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (600kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Indonesia merupakan destinasi populer yang menarik wisatawan mancanegara dan lokal. Keindahan alam pulau-pulau menarik bagi wisatawan sehingga industri pariwisata menjadi hal penting bagi negara Indonesia salah satunya pulau Belitung yang merupakan bagian dari 10 destinasi wisata Bali baru. Untuk mengembangkan potensi daerah diperlukan pelayanan dan model bisnis pada hotel dan resort yang mampu mendorong pariwisata yang ada di Belitung Selatan agar mampu bersaing dan memberikan pelayanan yang baik. Adopsi teknologi menjadi hal penting untuk mencapai hal tersebut salah satunya adalah teknologi Point Of Sale (POS) yang dapat memberikan efek efektivitas dan efisiensi bagi bisnis dan konsumen. Sehingga hotel & resort perlu melakukan transformasi digital. Proyek transformasi digital (DTP) yang dilakukan adalah menerapkan teknologi POS untuk meningkatkan kinerja proses bisnis pada resort. Rancangan DTP ini melakukan analisa makro ekonomi , potensi pariwisata di Belitung dananalisa terkait kebutuhan teknologi resort menggunakan tools SWOT, PESTEL, Fives Forces Porter, Value Chain, STP, Business Model Canvas, Mckinsey 7s. Proyek DTP ini menggunakan metode analisis Digital Maturity Model TM Forum & Deloitte untuk menggambarkan tingkat kematangan digital perusahaan sebelum dan sesudah transformasi digital, menggunakan analisa lima dimensi (Customer, Strategy, Operation, Technology, Organitation) dan sepuluh sub dimensi. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner untuk mengukur level DMM perusahaan dengan mengumpulkan sampel 30 karyawan. Hasil dari rancangan proyek DTP ini adalah bahwa biaya investasi yang dikeluarkan tidak besar, proyek layak dijalankan sesuai pengukuran NPV & IRR, akan memberikan dampak signifikan kepada proses bisnis dan konsumen, mampu meningkatkan performa bisnis melalui implementasi teknologi POS dengan karya prototype aplikasi & halaman back office website.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Keywords: Point of Sale (POS), Business Process, Resort XYZ, Belitung, Digital Maturity Model
Divisions: Faculty of Business > Master of Technology Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 11:12
Last Modified: 02 Mar 2023 01:52
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15198

Actions (login required)

View Item View Item