Setyadi Hernawa, Arief (2020) Pengaruh Leadership sebagai Moderating Variabel terhadap Kinerja CRM (Studi Kasus UMN). Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (7MB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (496kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (548kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
||
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (330kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Abstrak Nama : Arief Setyadi H (00000042124) Judul : Pengaruh Leadership Sebagai Moderating Variabel Terhadap Kinerja CRM (Studi Kasus UMN) Jelang era industrial 4.0 dan digitalisasi, CRM menjadi salah satu yang dibutuhkan oleh perusahaan yang sudah menyadari pentingnya perhatian kepada pelanggan serta sadar terhadap perkembangan teknologi. Banyak perusahaan yang telah melakukan implementasi CRM termasuk UMN. Untuk CRM yang di implementasi di UMN di pergunakan untuk melakukan interaksi dengan calon customer atau calon mahasiswa baru, dari posisinya baru mengenal UMN sampai menjalani proses pendaftaran, melakukan tahapan pembayaran sampai pendaftaran ulang menjadi mahasiswa UMN. Namun dari banyak perusahaan yang menerapkan CRM, ditemukan banyak implementasi CRM tidak memberikan hasil yang signifikan, bahkan dapat dikatakan mengalami kegagalan, padahal investasi untuk CRM tidak kecil. Dengan mempelajari pengaruh Leadership sebagai variabel moderator dalam implementasi CRM, serta mengetahui faktor-faktor Data dan Informasi, Proses, Teknologi dan Sumberdaya Manusia (variabel-variabel independen) yang mempengaruhi Kinerja CRM (variabel dependen) maka dapat diketahui Pengaruh Leadership Sebagai Moderating Variabel Terhadap Kinerja CRM sehingga memberikan hasil Implementasi yang berhasil atau efisien. Studi kasus dilakukan pada CRM yang diterapkan di Universitas Multimedia Nusantara dengan populasi dan sampel pengguna CRM di UMN. Dari hasil penelitian diperoleh hasil bahwa Variabel Data dan Informasi memberikan pengaruh positif terhadap variabel kinerja CRM di UMN, dengan R2 sebesar 0.532; Variabel Proses memberikan pengaruh positif terhadap variabel kinerja CRM di UMN, dengan R2 sebesar 0.555; Variabel Teknologi memberikan pengaruh positif terhadap variabel kinerja CRM di UMN, dengan R2 sebesar 0.498; Variabel Sumber Daya Manusia memberikan pengaruh positif terhadap variabel kinerja CRM di UMN, dengan R2 sebesar 0.570. Sedangkan variabel Leadership sebagai Variabel Moderator telah meningkatkan R Square untuk masing-masing variabel, yaitu Variabel Data dan Informasi menjadi 0.695; Variabel Proses menjadi 0.696; Variabel Teknologi menjadi 0.667; dan Variabel Sumber Daya Manusia menjadi 0.657. Dari hasil pengujian tersebut, Variabel yang berpengaruh paling kuat terhadap Kinerja CRM adalah Variabel Sumber Daya Manusia, untuk ini maka perlu mendapat perhatian tersendiri saat penerapan CRM.
Item Type: | Thesis (Master Thesis) |
---|---|
Keywords: | CRM, Leadership, Data dan Informasi, Proses, Teknologi, Sumber Daya Manusia Universitas Multimedia Nusantara |
Divisions: | Faculty of Business > Master of Technology Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2020 11:07 |
Last Modified: | 31 Mar 2023 07:31 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15203 |
Actions (login required)
View Item |