Meningkatkan Pengalaman Digital Karyawan melalui Platform Internal - MyKG

Terry Very Ervinta, Thimotius (2020) Meningkatkan Pengalaman Digital Karyawan melalui Platform Internal - MyKG. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (602kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Oleh: Thimotius Terry Very Ervinta Kompas Gramedia saat ini sedang bertransformasi ke arah digital, dengan munculnya beberapa produk digital baru. Untuk mendukung proses transformasi tersebut, pengalaman digital karyawan perlu ditingkatkan agar bisa berpartisipasi secara aktif dan kinerjanya dapat semakin meningkat. Salah satunya adalah penggunaan platform internal. Kompas Gramedia mengembangkan platform internal MyKG, untuk meningkatkan pengalaman digital karyawan. Transformasi digital yang dilakukan terkait dengan fitur yang terdapat di MyKG yaitu integrasi produk digital Kompas Gramedia, onboarding, dan penggunaan QR codes untuk berkolaborasi. Transformasi digital ini menggunakan beberapa analisa. Rancangan proyek transformasi digital (DTP) menggunakan Digital Maturity Model (DMM) dari TM Forum & Deloitte untuk mengukur tingkat kematangan digital perusahaan saat ini dan yang ingin dicapai di masa depan. DMM ini mengukur lima dimensi (Customer, Strategy, Operation, Technology, dan Organization) dan 11 sub dimensi. Selain itu, mendasarkan pada Jibility Canvas, dipetakan kapabilitas bisnis yang diperlukan untuk melakukan tranformasi digital tersebut. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner ke 39 karyawan dan juga dengan melakukan wawancara dengan para pemangku kepentingan terkait. Proyek transformasi digital MyKG di Kompas Gramedia menunjukan ratarata tingkat kematangan masih di tingkat emerging dan performing. Selain itu, ditemukan adanya penambahan 3 kapabilitas bisnis baru sehingga sekarang terdapat 7 kapabilitas bisnis yaitu organization & culture, business management, growth management, employee experience, IT management, people operation, dan data. Dari aspek finansial dapat dilihat bahwa biaya investasi yang dikeluarkan tidak terlalu besar dan DTP layak dijalankan sesuai hasil dari penghitungan NPV & IRR.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Keywords: employee digital experience, internal platform, integrasi produk, onboarding, QR codes. vi Universitas Multimedia Nusantara
Divisions: Faculty of Business > Master of Technology Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 10:57
Last Modified: 02 May 2023 05:54
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15217

Actions (login required)

View Item View Item