Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan pada Penggunaan Smart Tourism Technology (STT) dan Implikasinya terhadap Niat untuk Berkunjung di Kabupaten Kepulauan Talaud dengan Menggunakan Elaboration Likelihood Model (ELM)

Naomi Tampoli, Deborah (2020) Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan pada Penggunaan Smart Tourism Technology (STT) dan Implikasinya terhadap Niat untuk Berkunjung di Kabupaten Kepulauan Talaud dengan Menggunakan Elaboration Likelihood Model (ELM). Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (895kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (10MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Nama : Deborah Naomi Tampoli, S.E Judul : Analisa Faktor-faktor yang Memperngaruhi Kepercayaan pada Penggunaan Smart Tourism Technology (STT) dan Implikasinya terhadap Niat untuk Berkunjung di Kabupaten Kepulauan Talaud dengan menggunakan Elaboration Likelihood Model (ELM) Smart Tourism Technology (STT) merupakan sebuah konsep pencarian informasi pariwisata yang berbasis teknologi. Dengan perkembangan teknologi dan jejaring internet yang semakin luas, semua pelaku bisnis pada industri pariwisata berlomba-lomba menciptakan sebuah alur pencarian informasi yang mudah, akurat dan terpercaya. Kabupaten Kepulauan Talaud atau yang disebut Porodisa atau Paradise, adalah salah satu kabupaten yang terletak di utara Indonesia dan berbatasan langsung dengan Philipina. Kabupaten Kepulauan Talaud memiliki potensi sumber daya alam mulai dari pulau-pulau yang eksotik, lautan yang bersih, hasil bumi dan laut yang melimpah serta masyarakatnya yang sangat ramah. Kabupaten Talaud juga menjadi daerah penghasil serat pisang abaka yang merupakan bahan baku pembuat mata uang kertas euro, dollar dan yen. Dengan potensi tersebut masalah yang dialami daerah ini adalah kurangnya angka kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara di daerah ini. Untuk itu penelitian ini dibuat untuk mengetahui apakah penerapan konsep smart tourism technology yang didalamnya terdapat kualitas informasi, kredibilitas informasi, interaktivitas, akses dan personalisasi infomasi dapat mempengaruhi niat untuk berkunjung di Kabupaten Kepulauan Talaud melalui kepercayaan atas informasi yang diterima. Model teoritis pada penelitian ini dibuat dalam enam hipotesis yang diuji menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan total sampel 130 responden yang disebarkan secara online. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa kualitas informasi yang baik, kredibilitas sumber informasi dan kemudahan mengakses informasi dapat berpengaruh positif terhadap kepercayaan calon wisatawan pada informasi wisata di Kepulauan Talaud. Sedangkan interaksi atau repson menjawab pertanyaan terkait informasi wisata tidak berpengaruh positif terhadap kepercayaan calon wisatawan. Selain itu personalisasi informasi juga tidak memiliki pengaruh positif terhadap kepercayaan calon wisatawan. Kesimpulannya adalah ketika calon wisatawan percaya terhadap informasi yang diberikan, hal ini akan mampu mendorong niat berkunjung di Kabupaten Kepulauan Talaud.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Keywords: smart tourism, tourism management, tourism technology, information quality, source scredibility, interactivity, accessibility, personalization, trustworthy, intention to visit
Divisions: Faculty of Business > Master of Technology Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 10:45
Last Modified: 17 Mar 2023 02:33
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15233

Actions (login required)

View Item View Item