Regina, Theodora (2020) Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Fintech Market Aggregator dengan Pendekatan UTAUT. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (620kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (553kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (413kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (602kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (650kB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (649kB) |
||
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (442kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (924kB) |
Abstract
Pertumbuhan teknologi dan internet di Indonesia mendukung pertumbuhan fintech. Pada umumnya fintech menciptakan produk sendiri namun fintech market aggregator (FMA) hadir sebagai fintech yang mengumpulkan dan memberikan informasi mengenai perbandingan manfaat, fasilitas, proteksi dan harga dari beberapa produk keuangan bank maunpun non-bank seperti asuransi, pinjaman, kartu kredit dan lain-lain yang dapat meningkatkan inklusi dan literasi keuangan di Indonesia. Namun sayangnya, masih banyak orang yang tidak mengetahui dan belum menggunakan FMA. Hal ini memotivasi peneliti untuk melakukan analisa faktor-faktor kepuasan pengguna untuk mempertahankan dan meningkatkan jumlah pengguna baru dengan pendekatan UTAUT dan variabel trust dimana penelitian tentang kepuasan pengguna FMA di Indonesia ini masih sedikit ditemukan. Data primer diambil dari 90 responden yang merupakan pengguna FMA melalui kuisioner secara online dan dianalisa menggunakan metode SEM dan aplikasi SMARTPLS. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa performance expectancy, effort expectancy dan social influence memiliki hubungan positif dan signifikan pada use of fintech market aggregator services. Use of fintech market aggregator service memiliki hubungan yang positif dan siginifikan pada user satisfaction. Variabel PE, EE, SI, FC dan TR dapat menjelaskan variabel UF sebesar 71,9%. Sedangkan variabel UF dapat menjelaskan variabel US sebesar 48,3%. Penyedia FMA dapat mengetahui faktor dan strategi yang dapat diterapkan dalam meningkatkan pengguna dan kepuasan pengguna serta pemerintah dalam merencanakan strategi untuk meningkatkan layanan keuangan bank dan non-bank, inklusi serta literasi keuangan di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Master Thesis) |
---|---|
Keywords: | fintech market aggregator, UTAUT, kepuasan pengguna, SEM, fintech |
Divisions: | Faculty of Business > Master of Technology Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2020 10:44 |
Last Modified: | 28 Mar 2023 00:55 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15235 |
Actions (login required)
View Item |