Pemberitaan Tentang Sutradara Livi Zheng dalam Konteks Native Advertising di Media Detik.com dan Kompas.com Periode September 2014 - Juli 2019

Sonia Maharani, Irene (2020) Pemberitaan Tentang Sutradara Livi Zheng dalam Konteks Native Advertising di Media Detik.com dan Kompas.com Periode September 2014 - Juli 2019. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (866kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (443kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (961kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (182kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Indonesia saat ini berada pada titik balik era digital dimana lebih dari setengah populasi masyarakat memiliki akses terhadap media daring dan mulai meninggalkan media konvensional. Fenomena baru yang muncul adalah pembaca menghindari iklan konvensional yang dianggap mengganggu pengalaman mengakses media daring. Hal tersebut kemudian memunculkan native advertising sebagai suatu cara baru bagi media untuk beriklan. Native advertising secara sederhana adalah iklan yang dikemas dalam bentuk yang mirip seperti berita biasa. Apabila khalayak tidak hati-hati, mereka dapat mengira bahwa iklan yang dikemas dalam bentuk berita tersebut merupakan berita biasa. Dampak negatif yang ditimbulkan adalah pembaca kemudian mempercayai suatu konten advertising sebagai konten berita biasa. Pemberitaan tentang Livi Zheng di media Detik.com dan Kompas.com sejak 2014 bernada positif dan kemudian berubah menjadi bernada negatif di bulan Agustus 2019. Hal itu menjadi dasar bagi peneliti untuk menganalisis pemberitaan tentang sutradara Livi Zheng dalam konteks native advertising di media Detik.com dan Kompas.com periode September 2014 - Juli 2019. Konsep yang digunakan adalah identifikasi native advertising dari Pasandaran (2018) dan Gadiraju (2018). Penelitian ini meneliti 75 berita di kedua media. Analisis isi kuantitatif deskriptif digunakan untuk mengetahui skor tingkat indikasi native advertising dari berita yang diteliti. Hasilnya, kedua media termasuk pada tingkatan indikasi native advertising yang tinggi dengan skor rata-rata 6.07 dari 9 indikator pada media Detik.com dan 6.02 dari 9 indikator pada media Kompas.com.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Native advertising, Livi Zheng, Detik.com, Kompas.com
Subjects: 700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment > 791 Movie industry, Circuses, TV, Radio, Puppetry, Pageantry, Animal Performances > 791.43 Film crew (director, script, actor, actress, editor, producer)
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 09:40
Last Modified: 10 May 2023 08:17
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15326

Actions (login required)

View Item View Item