Pengaruh celebrity trustworthiness, celebrity brand Fit, attitude toward Advertisement, dan attitude toward brand terhadap purchase intension telaah pada iklan Cristiano Ronaldo (CR7) campaign 9.9 super shopping day pada platform shopee

Hidayattul Huda, Ryan (2020) Pengaruh celebrity trustworthiness, celebrity brand Fit, attitude toward Advertisement, dan attitude toward brand terhadap purchase intension telaah pada iklan Cristiano Ronaldo (CR7) campaign 9.9 super shopping day pada platform shopee. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (920kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (140kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Pengguna internet mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir sejalan dengan perkembangan teknologi. Teknologi internet dapat membantu dalam melakukan komunikasi dan mendapatkan informasi dengan mudah dan cepat. Potensi yang besar pada teknologi internet memungkinkan terciptanya model bisnis seperti e-commerce yang mampu mempermudah konsumen dalam berbelanja. Ecommerce yang saat ini menduduki posisi pertama di Indonesia yaitu Shopee yang pada awalnya membidik perempuan sebagai target market utamanya dan terbukti bahwa jumlah pengguna didominasi oleh perempuan sebesar 58%. Selanjutnya Shopee ingin memperluas segmen pengguna pria dan memilih Cristiano Ronaldo sebagai brand ambassador dan berperan dalam campaign 9.9 Super Shopping Day dengan harapan dapat lepas dari stigma platform e-commerce identik dengan perempuan. Adapun permasalahan pada penelitian ini diajukan untuk mengetahui seberapa efektifnya iklan Shopee yang diperankan oleh Cristiano Ronaldo dalam campaign 9.9 Super Shopping Day dalam mengaet segmen pria melalui teori variabel celebrity trustworthiness, celebrity brand fit, attitude toward advertisement, attitude toward brand, terhadap purchase intention platform Shopee. Model teoritis dalam penelitian ini disampaikan dengan 6 hipotesis yang akan diuji menggunakan Structural Equation Model dengan software Lisrel v8.8. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 190 responden, pria berusia 18 hingga 45 tahun, pria yang mengetahui bintang sepak bola Cristiano Ronaldo, pria yang mengetahui platform shopee, dan belum pernah membeli di platform Shopee Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan positif antara celebrity trustworthiness terhadap celebrity brand fit, celebrity brand fit terhadap attitude toward advertisement, celebrity brand fit terhadap attitude toward brand, attitude toward advertisement terhadap attitude toward brand, attitude toward advertisement terhadap purchase intention, dan attitude toward brand terhadap purchase intention. Peneliti menyarankan untuk dapat merancang konsep iklan yang kreatif agar dapat menarik perhatian konsumen yang lebih banyak. Selain itu perusahaan dapat menggunakan referensi influencer yang memiliki trustworthiness yang baik seperti David Beckham, Atta Halilintar, dan Bambang Pamungkas.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: celebrity trustworthiness, celebrity brand fit, attitude toward advertisement, attitude toward brand, purchase intention
Subjects: 200 Religion > 260 Social and ecclesiastical theology > 261 Social theology and interreligious relations and attitudes
600 Technology (Applied Sciences) > 640 Home and Family Management > 640 Home and Family Management > 640.7 Purchasing Guides
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 08:26
Last Modified: 22 Jun 2023 07:20
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15428

Actions (login required)

View Item View Item