Suwanta Tenggono, Anthomi (2020) Analisis Pengaruh Fans Identification serta Sponsor Credibility terhadap Attitude toward Sponsor dan Implikasinya pada Purchase Intention Produk Standard Chartered: Telaah pada Fans Liverpool di Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Pesatnya perkembangan olahraga sepak bola di Indonesia menjadi salah satu faktor meningkatnya minat penggemar untuk menyaksikan pertandingan sepak bola dalam maupun luar negeri. Liverpool merupakan tim sepak bola berbasis di negara Inggris yang memiliki cukup banyak penggemar di Indonesia. Fenomena ini disebabkan oleh meningkatnya teknologi media massa yang memungkinkan penggemar sepak bola di Indonesia untuk menyaksikan pertandingan sepak bola mancanegara. Perkembangan industri sepak bola berimplikasi pada kebutuhan finansial yang relatif tinggi, hal ini menyebabkan munculnya kerja sama sponsorship. Standard Chartered menjadi sponsor Liverpool dengan tujuan meningkatkan basis konsumen di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Dalam penelitian ini, indikator fan identification terkait Liverpool menjadi landasan utama terbentuknya sponsor credibility, attitude toward sponsor, dan purchase intention terhadap Standard Chartered. Penelitian ini mengkaji data terkait pengaruh fan identification terhadap sponsor credibility, attitude toward sponsor, dan purchase intention produk Standard Chartered. Model yang diajukan dalam penelitian ini disampaikan dalam 5 hipotesis yang akan dianalisa dengan metode kuantitatif menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan perangkat lunak LISREL versi 8.8. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 125 responden, pernah menyaksikan pertandingan Liverpool melalui teknologi media massa, mempunyai wewenang dalam pengambilan keputusan terkait pembelian produk-produk sejenis dengan produk Standard Chartered, dan belum pernah menggunakan produk atau layanan dari Standard Chartered. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah fan identification berpengaruh positif terhadap sponsor credibility dan purchase intention, sponsor credibility berpengaruh positif terhadap attitude toward sponsor, dan attitude toward sponsor berpengaruh positif terhadap purchase intention, serta fan identification tidak berpengaruh terhadap attitude toward sponsor. Berdasarkan hasil temuan tersebut, menyebarkan artikel positif terkait Liverpool, merancang konsep booth, menyebarkan testimonial, dan memberikan promo khusus terhadap penggemar Liverpool merupakan beberapa saran yang diajukan peneliti dan diharapkan berguna untuk penelitian selanjutnya dan pihak objek penelitian.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | sponsorship, fan identification, sponsor credibility, attitude toward sponsor, purchase intention |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 640 Home and Family Management > 640 Home and Family Management > 640.7 Purchasing Guides |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2020 08:23 |
Last Modified: | 01 Jul 2023 05:57 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15432 |
Actions (login required)
View Item |