Analisis Pengaruh Fans Identification serta Sponsor Credibility terhadap Attitude toward Sponsor dan Implikasinya pada Purchase Intention Produk Standard Chartered: Telaah pada Fans Liverpool di Indonesia

Suwanta Tenggono, Anthomi (2020) Analisis Pengaruh Fans Identification serta Sponsor Credibility terhadap Attitude toward Sponsor dan Implikasinya pada Purchase Intention Produk Standard Chartered: Telaah pada Fans Liverpool di Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (847kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (914kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (344kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Pesatnya perkembangan olahraga sepak bola di Indonesia menjadi salah satu faktor meningkatnya minat penggemar untuk menyaksikan pertandingan sepak bola dalam maupun luar negeri. Liverpool merupakan tim sepak bola berbasis di negara Inggris yang memiliki cukup banyak penggemar di Indonesia. Fenomena ini disebabkan oleh meningkatnya teknologi media massa yang memungkinkan penggemar sepak bola di Indonesia untuk menyaksikan pertandingan sepak bola mancanegara. Perkembangan industri sepak bola berimplikasi pada kebutuhan finansial yang relatif tinggi, hal ini menyebabkan munculnya kerja sama sponsorship. Standard Chartered menjadi sponsor Liverpool dengan tujuan meningkatkan basis konsumen di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Dalam penelitian ini, indikator fan identification terkait Liverpool menjadi landasan utama terbentuknya sponsor credibility, attitude toward sponsor, dan purchase intention terhadap Standard Chartered. Penelitian ini mengkaji data terkait pengaruh fan identification terhadap sponsor credibility, attitude toward sponsor, dan purchase intention produk Standard Chartered. Model yang diajukan dalam penelitian ini disampaikan dalam 5 hipotesis yang akan dianalisa dengan metode kuantitatif menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan perangkat lunak LISREL versi 8.8. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 125 responden, pernah menyaksikan pertandingan Liverpool melalui teknologi media massa, mempunyai wewenang dalam pengambilan keputusan terkait pembelian produk-produk sejenis dengan produk Standard Chartered, dan belum pernah menggunakan produk atau layanan dari Standard Chartered. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah fan identification berpengaruh positif terhadap sponsor credibility dan purchase intention, sponsor credibility berpengaruh positif terhadap attitude toward sponsor, dan attitude toward sponsor berpengaruh positif terhadap purchase intention, serta fan identification tidak berpengaruh terhadap attitude toward sponsor. Berdasarkan hasil temuan tersebut, menyebarkan artikel positif terkait Liverpool, merancang konsep booth, menyebarkan testimonial, dan memberikan promo khusus terhadap penggemar Liverpool merupakan beberapa saran yang diajukan peneliti dan diharapkan berguna untuk penelitian selanjutnya dan pihak objek penelitian.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: sponsorship, fan identification, sponsor credibility, attitude toward sponsor, purchase intention
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 640 Home and Family Management > 640 Home and Family Management > 640.7 Purchasing Guides
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 08:23
Last Modified: 01 Jul 2023 05:57
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15432

Actions (login required)

View Item View Item