Hans, Leondy (2020) Stategi Event Management Indonesia Esports League University Series 2019. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (735kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (546kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (504kB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (992kB) |
||
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (322kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Oleh: Leondy Hans Majunya perkembangan teknologi di jaman sekarang membuat ekosistem dan industri olahraga elektronik atau biasa yang kita sebut dengan esports meningkat dengan sangat pesat. Berkembangnya dunia esports di dunia juga dirasakan di Indonesia apalagi setelah esports diresmikan menjadi salah satu cabang olahraga oleh IeSPA pada tahun 2014. Mix 360 yang merupakan salah satu perusahaan esports yang terintegrasi di Indonesia melihat banyak sekali potensi-potensi atlet esports di Indonesia yang harus digali dan diregenerasi. Oleh karena itu Mix 360 menyelenggarakan event Indonesia Esports League (IEL) University Series 2019 yang merupakan liga esports tingkat universitas pertama di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi event management yang diterapkan pada Indonesia Esports League University Series 2019 dengan menggunakan konsep tahapan perencanaan menurut Goldblatt. Data yang diperoleh oleh peneliti adalah melalui wawancara mendalam dengan subjek penelitian. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan sifat penelian ini adalah deskriptif dengan metode studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Mix 360 Esports menerapkan lima tahap perencanaan event menurut Goldblatt. Strategi event management dimulai dari tahap riset, desain, perencanaan, koordinasi, hingga tahap evaluasi. Tujuan dari Indonesia Esport League ini adalah untuk meregenerasi atlet-atlet esports di Indonesia dan untuk membukakan jalur ke tahap profesional bagi mahasiswa-mahasiswa di Indonesia. Antusiasme universitas-universitas Indonesia bisa dilihat dengan munculnya UKM baru yaitu UKM esports di beberapa universitas di Indonesia. Diselenggarakannya IEL ini diharapkan dapat menggali dan menunjang industri serta ekosistem esports di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Event Management, Esports, IEL, Mix 360 |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2020 08:05 |
Last Modified: | 26 Apr 2023 06:50 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15455 |
Actions (login required)
View Item |