Laurencius, Nicholas (2020) Audience Framing pada Berita Investigasi Majalah Tempo "Ada Apa dengan Pizza?". Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (585kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (404kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (412kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (532kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (411kB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (648kB) |
||
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (455kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Dalam dunia jurnalistik, dikenal istilah jurnalisme investigasi. Jurnalisme investigasi merupakan suatu peliputan berita yang berkelanjutan mengenai pelanggaran-pelanggaran moral dan hukum oleh orang maupun kelompok. Media sebagai watchdog berfungsi untuk membuka dan memberitahukan kebenaran pada masyarakat yang sengaja di tutupi oleh pihak-pihak tertentu. Seperti halnya Tempo dan BBC yang melakukan investigasi mengenai penggunaan bahan makanan kedaluwarsa oleh salah satu perusahaan waralaba yang ada di Indonesia. Kasus seperti ini jika tidak dibongkar oleh media akan luput dari pengamatan masyarakat karena akses dan pengetahuan akan perusahaan tersebut terbatas. Dalam hal ini, dengan adanya investigasi pada media membuat masyarakat turut serta dan waspada dalam mengawasi hal tersebut. Selain itu masyarakat juga aktif memberikan masukan dan komentar karena mereka mempunyai bingkai masingmasing dalam menanggapi isu tersebut. Atas dasar tersebut dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori Audience Framing yang dinilai lebih tepat dalam melihat pembingkaian yang terjadi pada khalayak. Dalam penelitian ini, peneliti berfokus pada bagaimana Audience membingkai laporan investigasi penggunaan bahan kedaluwarsa serta melihat faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi audience dalam membingkai isu tersebut. Dari hasil penelitian Audience Framing pada berita Tempo yang berjudul �ada apa dengan pizza�, terdapat empat Frame yang menunjukkan bagaimana khalayak dalam memandang pemberitaan mengenai penggunaan bahan kedaluwarsa. Frame tersebut adalah frame 'kredibilitas media', frame 'bahan pangan kedaluarsa tidak layak digunakan', frame 'kredibilitas informan' dan frame 'judul yang menari lebih diminati'. Dalam penelitian ini, frameframe tersebut terbentuk dari beberapa faktor yakni faktor tingkat literasi media, faktor pekerjaan, faktor latar belakang, dan faktor pengalaman pribadi.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | audience framing, bahan kedaluwarsa, Tempo |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2020 07:52 |
Last Modified: | 27 Apr 2023 07:09 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15474 |
Actions (login required)
View Item |