Hadassah, Eliel (2020) Strategi Online Personal Branding dalam Dramaturgi Erving Goffman (Studi Etnografi Digital pada Youtuber Dyland PROS). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (917kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (520kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (316kB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (14MB) |
||
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (214kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Kegiatan online branding pada era ini tidak hanya dilakukan oleh perusahaan saja. Sosok perseorangan juga bisa membentuk kegiatan online branding yang dikenal dengan online personal branding. Riset etnografi di ranah maya tidak hanya dapat dilakukan pada sebuah komunitas online, namun juga menarik untuk dapat dilakukan pada ranah online personal branding. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi digital untuk lebih mengetahui dan memahami bentuk komunikasi yang Dyland lakukan. Penelitian ini berguna untuk mengetahui bagaimana proses pembentukan online personal branding milik Youtuber gamer asal Indonesia, Dyland PROS dengan pendekatan dramaturgi dari Erving Goffman menggunakan panggung depan dan panggung belakang untuk menganalisa perilaku manusia. Selain itu penelitian ini menggunakan model 12 Steps of Online Personal Branding Ryan Frischmann. Penelitian ini menggunakan konsep etnografi digital untuk mengetahui secara lebih dekat bentuk komunikasi yang Dyland lakukan baik dalam panggung depan sebagai gamer Youtuber dan di panggung belakang ketika menjadi remaja biasa pada umumnya. Data ini juga diperoleh melalui observasi partisipan selama lebih kurang empat puluh (40) hari lamanya dan juga wawancara tidak terstruktur. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa sikap Dyland yang tidak selamanya konsisten dengan pemahaman dramaturgi. Selain itu, Dyland telah mendalami pekerjaannya sebagai Youtuber dan Dyland mempunyai sikap diri yang konsisten dalam melakukan profesinya dan terus mengembangkan potensi-potensi yang akan meningkatkan kinerja dan kapasitas dirinya dalam dunia virtual.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Online Personal Branding, Dramaturgi, Etnografi Digital, Youtuber, Gamer |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2020 07:45 |
Last Modified: | 26 Apr 2023 05:45 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15485 |
Actions (login required)
View Item |