Logika Media Sosial dalam Pers Daring: Studi Kasus Tirto.id

Jozef Trinita Dipasto, Elisabeth Chrisandra (2020) Logika Media Sosial dalam Pers Daring: Studi Kasus Tirto.id. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (443kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (310kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (203kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Semenjak hadirnya internet dan media sosial, media massa turut menggunakan dua teknologi ini dalam praktik bisnisnya. Media sosial dipakai sebagai medium penyebaran produk yang dihasilkan lembaga pers. Sayangnya, logika yang melatari kerja-kerja media massa berbeda dengan logika yang bekerja dalam media sosial. Oleh karena itu, penelitian ini hendak mengulik bagaimana logika media sosial bekerja dalam institusi pers, terutama media yang sedari awal hadir dalam bentuk daring (digital native media). Ditambah lagi kajian menggunakan teori ini belum pernah dilakukan pada media di Indonesia. Penelitian ini memakai teori logika media sosial yang dikembangkan oleh José van Dijck dan Thomas Poell sebagai upaya pembaharuan dari logika media massa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa empat elemen logika media massa yakni kemampuan pemrograman, popularitas, konektivitas dan datafikasi berkelindan dalam praktik bisnis Tirto.id.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: logika media sosial, pers, digital native media, media sosial. Tirto.
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 21 Apr 2021 02:59
Last Modified: 27 Apr 2023 02:49
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15504

Actions (login required)

View Item View Item