Analisis Pengaruh Perceived Enjoyment, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, dan Perceived Price terhadap Intention to Reuse: Telaah Pengguna Sistem Kasir Moka

Pritayanti Kurniawan, Dewi (2021) Analisis Pengaruh Perceived Enjoyment, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, dan Perceived Price terhadap Intention to Reuse: Telaah Pengguna Sistem Kasir Moka. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (410kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (587kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (138kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Berkembangnya teknologi digital di berbagai sektor di Indonesia menjadi pemicu munculnya startup (perusahaan rintisan) teknologi di Indonesia. Tumbuhnya startup menghasilkan multiplier effect pada banyak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Meningkatnya jumlah UMKM di Indonesia, menciptakan peluang bagi para pendiri startup dalam mengembangkan bisnis mereka, salah satunya dengan menggunakan Point of Sales (POS). Point of Sales adalah aplikasi yang bertugas pada titik akhir penjualan produk. Salah satu pioneer Point of Sales di Indonesia adalah PT Moka Teknologi Indonesia melalui aplikasi Moka POS. Seiring berjalannya waktu, banyak Startup pendiri Point of Sales muncul di Indonesia, hal ini membuat PT Moka Teknologi Indonesia memiliki banyak kompetitor sehingga berisiko menggeser market share dari PT Moka Teknologi Indonesia. Oleh karena itu penting untuk mempertahankan posisi market share salah satunya dengan mempertahankan dan menambah member merchant Moka POS. Selain itu berdasarkan data yang diperoleh tim marketing bahwa sejak tahun 2018 dan 2019 terjadi penurunan sebanyak 50% dari total merchant aktif dan di tahun 2020 jumlah penurunan merchant yg aktif sudah menjadi 60%". Hal ini tentu menjadi permasalahan serta tantangan bagi PT Moka Teknologi Indonesia agar dapat mempertahankan jumlah mercant aktif melalui literatur dan implikasi Adapun permasalahan pada penelitian ini diajukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perceived enjoyment, perceived usefulness, perceived ease of use, dan perceived price terhadap intention to reuse pada PT Moka Teknologi Indonesia. Model Teoritis dalam penelitian ini disampaikan dengan 4 hipotesis yang akan diuji menggunakan Statistical Package for the Social Sciences. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 150 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara Perceived Enjoyment terhadap Intention to Reuse dengan nilai yang di dapatkan 4,892 > 1,655, Perceived Usefulness berpengaruh positif terhadap Intention to Reuse dengan nilai yang didapatkan di angka 2,784 > 1,655, Perceived Ease of Use berpengaruh positif terhadap Intention to Reuse dengan nilai yang didapatkan di angka 3,518 > 1,655, dan Perceived Price berpengaruh positif terhadap Intention to Reuse dengan nilai yang didapatkan di angka 2,347 > 1,655.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Perceived Enjoyment, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Perceived Price, Intention to Reuse
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 21:24
Last Modified: 28 Jun 2023 05:30
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15738

Actions (login required)

View Item View Item