Diandra Rony, Regita (2021) Strategi Event Marketing PT TaniHub Indonesia dalam Event Taniversarry 2020. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Indonesia merupakan negara yang kaya akan hasil pertaniannya. Kebutuhan pangan masyarakat Indonesia akan selalu membutuhkan hasil tani yang berkualitas. TaniHub adalah salah satu e-commerce di bidang agrikultur yang produk-produk nya merupakan dari hasil tani para petani Indonesia dan juga mereka menawarkan kemudahan dalam berbelanja hanya dengan melalui aplikasi. Semakin banyaknya kompetitor di bidang serupa, TaniHub menggunakan berbagai macam strategi untuk tetap menjadi nomor satu di benak masyarakat, salah satunya adalah menggunakan strategi event marketing dalam membuat sebuah aktivasi atau event yang dapat menarik juga membujuk audiens untuk mengenal dan dekat dengan brand hingga melakukan transaksi dengan TaniHub. Tahun lalu tepatnya yaitu di tahun 2020, TaniHub menyelenggarakan sebuah event bertemakan Hari Tani Nasional dan HUT TaniHub Group yang ke-empat yaitu Taniversary. Event Taniversary ini tidak hanya bertujuan untuk merayakan suatu peringatan, namun juga sebuah strategi untuk mendekatkan diri dengan publik dengan skala yang besar. Skripsi yang berjudul "Strategi Event Marketing PT TaniHub Indonesia dalam event Taniversary 2020" ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana implementasi strategi event marketing di dalam rangkaian-rangkaian acara event Taniversary. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus dengan penelitian kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah TaniHub dengan partisipan atau narasumber dari Manager Offline Brand Activation, Specialist Brand Activation dan pakar event marketing. Penelitian ini dilakukan dengan wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian ini adalah TaniHub berhasil menyelenggarakan event Taniversary dengan melihat dari keberhasilan tiap rangkaian acara nya yang berbeda, evaluasi yang didapatkan juga sangat di luar ekspektasi dan melebihi target awal yang telah direncanakan. Konsep yang digunakan oleh TaniHub dalam event Taniversary yaitu konsep Komunikasi Pemasaran, Event Marketing, Event, dan Brand Activation. Strategi yang digunakan oleh TaniHub adalah strategi event marketing yang dilakukan upaya untuk publik mengenal lebih dekat dengan TaniHub, memberikan banyak experience kepada konsumen, hingga mendapatkan konsumen baru.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | TaniHub, Petani, Event, Event Marketing, Taniversary, Strategi, Penelitian, Studi Kasus, Experience |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 18:13 |
Last Modified: | 17 Apr 2023 05:30 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15772 |
Actions (login required)
View Item |