Proses Kerja Junior Content Writer Dalam Media Otomotif Autonetmagz

Dillon Wiratama Ascaria, Ngakan Putu (2021) Proses Kerja Junior Content Writer Dalam Media Otomotif Autonetmagz. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (224kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (834kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (17kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Memasuki era digital ini, media konvensional seperti televisi, radio dan koran sudah mulai ditinggalkan dikarenakan kemunculan internet. Media online mulai merajalela dan lebih dipilih oleh masyarakat. Media online memiliki keunggulan yang cukup signifikan ketimbang media konvensional, mulai dari proses produksi yang lebih efektif hingga kecepatan dalam menyampaikan informasi kepada publik. Oleh karena itu pada awal tahun 2010 keatas, jumlah media online di Indonesia meningkat drastis lantas muncul lah persaingan diantara media-media tersebut untuk mendapatkan klik dan perhatian audiens. Namun hal ini berdampak dalam menurunnya kualitas berita yang dikeluarkan oleh media online, karena target mereka adalah kecepatan serta audiens. Walaupun begitu tidak semua media online melakukan hal yang serupa. Media online yang berhasil memperlihatkan bahwa untuk bisa sukses, sebuah media harus bisa memenuhi kebutuhan khalayak secara konsisten setiap saat. Tapi kebutuhan khalayak tidak hanya satu dan setiap individu memiliki kebutuhan informasi tersendiri. Ketertarikan-ketertarikan ini memicu adanya konsep Narrowcasting atau Niche Journalism. Media yang menerapkan konsep ini fokus dalam mendistribusikan konten mengenai sebuah topik spesifik kepada sebuah target audiens yang memiliki ketertarikan terhadap topik tersebut.. Salah satu sektor niche journalism adalah otomotif. Salah satu media otomotif terbesar di Indonesia adalah Autonetmagz, dimana penulis melakukan program magang. Selama magang, penulis mempelajari bagaimana sistem bekerja sebuah redaksi media online yang membahas mengenai topik spesifik seperti otomotif, kemudian bagaimana menerapkan ilmu yang sudah didapat selama kuliah kedalam lingkungan kerja serta bagaimana mengasah soft skill serta hard skill selama bekerja dengan tim redaksi Autonetmagz.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: Media Online, Narrowcasting, Berita, Otomotif, Topik
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 15:12
Last Modified: 17 Apr 2023 05:41
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15777

Actions (login required)

View Item View Item