Rancang Bangun Permainan Video Digital Genre Balap Menggunakan Lintasan Berbasis Voronoi Diagram

Sky, Jovan (2021) Rancang Bangun Permainan Video Digital Genre Balap Menggunakan Lintasan Berbasis Voronoi Diagram. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (276kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (366kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (658kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (464kB)

Abstract

Permainan video digital adalah media interaktif bertujuan untuk menghibur pemainnya. Di antara permainan video digital yang ada, terdapat genre balap. Genre balap pada umumnya mempunyai sebuah peta atau lintasan, tetapi bagi pengembang independen, membuatnya secara manual seperti yang telah dicapai oleh pengembang dengan penerbit yang termuka hampir tidak mungkin karena jumlah sumber daya yang diperlukan. Dengan bantuan Procedural Content Generation (PCG), penggunaan sumber daya yang diperlukan berkurang secara signifikan karena konten dibangkitkan oleh algoritma cukup bervariasi hingga dapat menambah waktu bermain secara signifikan. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini merancang dan membangun game genre balap dengan metode PCG Voronoi diagram yang hasil dari PCG tersebut merupakan lintasan yang dapat dimainkan dalam game. Hasil lintasan yang dibangkitkan dievaluasi menggunakan pendekatan top-down dengan menghitung nilai linearity dan leniency. Hasil dari evaluasi menunjukkan bahwa game cenderung membuat lintasan dengan jumlah jalan lurus dan tikungan imbang yang berarti lintasan cenderung mempunyai tingkat kesulitan sedang.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Game, Procedural Content Generation, Racing, Unity, Voronoi Diagram
Subjects: 700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment > 793 Indoor Games and Amusements
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 16:52
Last Modified: 25 Aug 2023 08:29
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15784

Actions (login required)

View Item View Item