Tingkat Kepuasan Khalayak Generasi Milenial Terhadap Berita Visual Interaktif Storytelling di VIK KOMPAS.COM pada Wilayah Tangerang Kota

Aulia, Nabilatul (2021) Tingkat Kepuasan Khalayak Generasi Milenial Terhadap Berita Visual Interaktif Storytelling di VIK KOMPAS.COM pada Wilayah Tangerang Kota. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (370kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (304kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (978kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (68kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, kini sudah menjadi salah satu kebutuhan bagi masyarakat. Pada era digital saat ini, media terbantu dalam mengembangkan bentuk komunikasi baru, seperti longform journalism atau visual interaktif storytelling yang dimanfaatkan oleh beberapa media online di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan khalayak generasi milenial dalam membaca berita visual interaktif storytelling di VIK Kompas.com. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif (numerik) yang bersifat deskriptif, di mana hanya mengkaji suatu fenomena dan memaparkan peristiwa (satu variabel), tanpa menjelaskan mengapa atau bagaimana hubungan sebab-akibat hal tersebut terjadi. Variabel yang akan diteliti oleh peneliti adalah seberapa besar tingkat kepuasan khalayak terhadap berita visual interaktif storytelling di VIK Kompas pada generasi millennial di wilayah Tangerang Kota/Raya. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratifications yang di dalamnya terdiri dari Gratification Discrepancy (Kesenjangan Kepuasan) oleh Palmgreen, kemudian tingkat kepuasan diukur melalui Gratification Sought (kepuasan yang dicari) dan Gratification Obtained (kepuasan yang diperoleh), serta menggunakan uji non-parametrik Wilcoxon Signed Ranks Test karena tidak memenuhi syarat uji parametrik (uji normalitas). Pengumpulan data menggunakan metode survei yang dilakukan dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner secara online (daring) melalui google form dalam menjangkau pertanyaan dan responden yang banyak dalam waktu yang singkat. Berdasarkan hasil pada penelitian, berita visual interaktif storytelling di VIK Kompas.com memenuhi kepuasan khalayak generasi milenial dan memenuhi lima indikator, General Information Seeking, Decisional Utility, Entertainment, Interpersonal Utility, dan Parasocial Interaction.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Visual Interaktif Storytelling, VIK Kompas.com, Generasi Milenial, Kepuasan Khalayak
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 16:45
Last Modified: 15 Apr 2023 05:48
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15790

Actions (login required)

View Item View Item