Yunivela, Angelica (2021) Pengaruh Perceive Ease of Use, Perceive Usefulness, dan Service Features terhadap Behavioral Intention Gopay Paylater (Studi Kasus pada Pelanggan Setia Gopay Indonesia) (Survei pada Followers Instagram @gopayindonesia). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Seiring dengan berkembangnya jaman, teknologi juga ikut berkembang dengan pesat. Pada era ini manusia telah memanfaatkan teknologi untuk menyebarkan informasi dan berkomunikasi. Perkembangan teknologi informasi yang sedang melambung ini dapat dilihat melalui tingginya penggunaan Internet serta gadget.Tingginya angka pengguna pada usia milenial membuat era digital sebagai sesuatu yang harus dikembangkan.Kemunculan start up di bidang jasa telah menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat. Salah satu penyedia jasa transportasi online buatan anak bangsa yang banyak diminati oleh generasi milenial ialah, Gojek.Dengan adanya fitur Gopay Paylater ini tentu sangat menarik perhatian para pengguna Gopay terutama pada pengguna milenial yang memiliki perilaku konsumtif yang ingin serba mudah dan cepat. Berdasarkan hal tersebut, persepsi pengguna dalam melihat teknologi informasi tentu semakin berkembang pesat.Penelitian ini dilakukan untuk menemukan pengaruh Perceive Ease of Use, Perceive Usefulness, dan Service Features terhadap Behavioral Intention Gopay Paylater. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM), yang membahas pemikiran tentang pemanfaatan teknologi informasiuntuk menjelaskan faktor-faktor penentu teknologi informasi, yaitu persepsi kebermanfaatan (usefulness), persepsi kemudahan (ease of use) terhadap behavioral intention Gopay PayLater. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui kuesioner, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian adalah ditemukannya pengaruh positif perceive ease of use, perceive usefulness, dan service features terhadap behavioral intentionGopay Paylater dengan pengaruh sebesar 50.7% dan 49.3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Business Communication, T-A-M Theory, Perceive Ease of Use, Perceive Usefulness, Service Features |
Subjects: | 300 Social Sciences > 340 Law > 344 Labor, Social Service, Public Health, Safety Measures 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.8342 Consumer Behavior |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 16:38 |
Last Modified: | 15 May 2023 02:35 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15796 |
Actions (login required)
View Item |