Efania Denina Ayuwening, Gabriella (2021) Pengaruh Terpaan Berita Banjir di Media Daring dan Media Sosial Terhadap Persepsi Khalayak Tentang Gubernur DKI Jakarta. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Masalah banjir di Jakarta selalu menjadi topik populer yang diperbincangkan di masyarakat. Banjir kerap kali dikaitkan dengan kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta karena banjir seringkali jadi tolok ukur keberhasilan kinerja Gubernur. Penelitian ini membahas mengenai pengaruh terpaan berita banjir di media daring dan media sosial terhadap persepsi khalayak tentang Gubernur DKI Jakarta. penelitian ini menggunakan Teori Dependensi Efek Komunikasi Massa yang dikemukakan Sandra Ball-Rokeach dan Melvin DeFleur. Selain itu, untuk mengukur terpaan berita banjir di media daring dan media sosial, peneliti menggunakan lima dimensi, yaitu selektivitas, pemanfaatan, kesengajaan, keterlibatan, serta ketahanan terhadap pengaruh. Untuk mengukur persepsi khalayak terhadap Gubernur DKI Jakarta, penelitian ini menggunakan dimensi faktor struktural dan faktor fungsional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan populasi penduduk DKI Jakarta yang berusia produktif, yakni 15-64 tahun. Kemudian, penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Untuk mendapatkan hasil penelitian, peneliti menyebarkan kuesioner secara daring dalam bentuk google form kepada 400 responden berusia 15- 64 tahun, yang berdomisili di DKI Jakarta. Adapun domisili dibagi menjadi lima, yaitu Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, dan Jakarta Pusat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terpaan berita banjir di media daring dan media sosial terhadap persepsi khalayak tentang Gubernur DKI Jakarta. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa media daring lebih berperan dalam membentuk persepsi khalayak tentang Gubernur DKI Jakarta. Hal tersebut didukung oleh data angka mean pada variabel X1 atau terpaan berita banjir di media daring sebesar 3,716 dan termasuk dalam klasifikasi nilai rata-rata tinggi. Sedangkan variabel X2 atau terpaan berita banjir di media sosial memperoleh mean sebesar 3,71. Persepsi khalayak terhadap Gubernur DKI Jakarta juga termasuk dalam klasifikasi nilai rata- rata tinggi, yakni sebesar 3,58.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | terpaan media, media daring, media sosial, persepsi khalayak |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 20:41 |
Last Modified: | 17 Apr 2023 06:45 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15808 |
Actions (login required)
View Item |