Daniel Christian, Daniel Christian (2021) Analisis Pengaruh Perceived Ease of Use, Social Influence, Perceived Usefulness, Perceived Enjoyment, Trust, dan Perceived Price Terhadap Purchase Intention pada Tokopedia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Seiring dengan berkembangnya zaman dengan ditambahnya kemajuan teknologi yang semakin canggih membuat siapapun bisa melakukan pembelian akan suatu barang semakin mudah. Semakin banyak orang yang melakukan pembelian melalui online membuat beberapa perusahaan marketplace berlomba-lomba untuk menjadi marketplace nomor satu. Semakin lama Tokopedia tetap kurang diminati oleh masyarakat Indonesia, sebaliknya perusahaan marketplace asal Singapura yang lebih diminati oleh masyarakat Indonesia. Secara tidak langsung itu menandakan bahwa Tokopedia kurang memberikan pelayanan terbaiknya kepada konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi purchase intention dengan objek penelitian yaitu Tokopedia dimana Tokopedia merupakan salah satu perusahaan marketplace terbesar di Indonesia. Faktor-faktor tersebut ialah perceived ease of use, social influence, perceived usefulness, perceived enjoyment, trust, dan perceived price. Peneliti menggunakan metode non-probability sampling, yaitu judgemental sampling. Penyebaran kuesioner dilakukan secara online dan untuk menjadi responden pada penelitian ini harus melewati tahap screening yaitu memiliki aplikasi Tokopedia dan pernah belanja melalui Tokopedia. Jumlah responden yang lolos pada tahap screening adalah 177 orang. Kemudian data yang diperoleh diolah menggunakan software IBM SPSS versi 26. Penelitian ini menggunakan conclusive research design dengan metode descriptive research. Jenis penelitian dalam metode descriptive research ialah cross sectional design dimana yang digunakan adalah single cross sectional design. Pada penelitian ini, ditemukan bahwa terdapat pengaruh positif antara perceived ease of use dan purchase intention, terdapat pengaruh positif antara social influence dan purchase intention, terdapat pengaruh positif antara perceived usefulness dan purchase intention, terdapat pengaruh positif antara perceived enjoyment dan purchase intention, terdapat pengaruh positif antara trust dan purchase intention serta terdapat pengaruh positif antara perceived price dan purchase intention sehingga perusahaan harus bisa meningkatkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi purchase intention pada Tokopedia.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | perceived ease of use, social influence, perceived usefulness, perceived enjoyment, trust, price, purchase intention, Tokopedia |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.15 Social Role |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 18:32 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 05:41 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15853 |
Actions (login required)
View Item |