Sanjaya, Kukuh Adi (2021) Analisis Faktor yang Mempengaruhi Continuous Watching Intention pada Platform Streaming dengan Konten Khusus Gaming: Telaah pada Bigo Gaming. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Akhir-akhir ini, muncul sebuah trend baru untuk bersosialisasi dengan kerabat, saudara, sahabat, teman, dan orang lain. Trend baru tersebut adalah "Live Streaming", dengan melakukan live streaming, kita dapat menyiarkan aktivitas kita secara langsung ke media sosial dengan media internet. Aktivitas live streaming memiliki berbagai macam genre, mulai dari melakukan live streaming dengan konten makanan seperti memasak dan makan (mukbang) hingga aktivitas live streaming dengan konten bermain game (gaming). Di Indonesia terdapat beberapa pilihan platform untuk dapat menyaksikan live streaming sesuai genre yang diminati. Beberapa platform yang banyak digunakan sebagai media aktivitas live streaming di Indonesia diantaranya adalah Youtube, Facebook, dan Instagram untuk konten yang bergenre kasual. Sedangkan untuk konten yang menyiarkan genre khusus game diantaranya adalah Youtube Gaming, Facebook Gaming, dan Nimo Tv. Sebenarnya platform yang ada di Indonesia tidak sebatas tiga platform yang telah disebutkan sebelumya, melainkan tiga platform yang disebutkan sebelumnya adalah platform yang memiliki kuantitas penonton dan kuantitas jam tayang yang paling tinggi di Indonesia. Salah satu platform live streaming yang cukup lama hadir di Indonesia adalah Cube Tv besutan dari Bigo Technology, akan tetapi Cube Tv tidak mampu bertahan lama dan harus dihapuskan layanannya dan digantikan dengan Bigo Gaming yang berada dalam satu aplikasi dan satu website dengan Bigo Tv. Dengan tingginya persaingan antar platform penyedia media live streaming, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini, dengan tujuan untuk mengetahui faktor apa yang mampu mempengaruhi niat masyarakat dalam menentukan keberlanjutan menonton pada Bigo Gaming.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | group identification, broadcaster identification, experience of parasocial interaction, actual self-congruity, ideal self-congruity, participation, cognitive communion, resonant contagion, continuous watching intention |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 304 Factors affecting social behavior |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 19:49 |
Last Modified: | 28 Jun 2023 07:01 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15914 |
Actions (login required)
View Item |