Pengaruh Terpaan Berita Media Online tentang Kebocoran Data Pengguna terhadap Reputation Tokopedia

Christabel, Aprilia (2021) Pengaruh Terpaan Berita Media Online tentang Kebocoran Data Pengguna terhadap Reputation Tokopedia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (291kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Di era internet dan teknologi yang sudah mendominasi dunia seperti saat ini menghadirkan inovasi baru seperti media online dan e-commerce. Kedua hal tersebut hadir dan membawa suatu kebiasaan baru di mana kini masyarakat bisa mengakses informasi dengan cepat dan mudah begitu juga dengan menjalankan kegiatan transaksi penjualan dan pembelian secara daring dapat dilakukan dengan mudah. Namun, pada bulan mei 2020 lalu, salah satu sarana penjualan dan pembelian daring terbesar di Indonesia yakni Tokopedia mengalami isu kegagalan keamanan di mana, dikabarkan bahwa telah terjadi kebocoran data pengguna. Kabar ini langsung menarik perhatian media terutama media ­ media online, sehingga menghasilkan berita ­ berita yang menyorot permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah berita kebocoran data pengguna di media online yang menerpa masyarakat memiliki hubungan dengan reputasi Tokopedia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner online dan melibatkan 300 responden. Nilai koefisien korelasi pada penelitian ini adalah ­ 131 dengan nilai signifikansi 0,024 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang berlawanan arah antara terpaan berita tersebut terhadap reputasi Tokopedia. Bila terpaan berita media online kebocoran data pengguna membesar, maka reputasi Tokopedia akan semakin mengecil. Tetapi, karena nilai koefisien korelasi berada pada kategori sangat rendah, maka hubungan antara kedua variabel dikategorikan sangat rendah.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: e-commerce, media online, Tokopedia, reputasi perusahaan, kebocoran data
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 15:37
Last Modified: 17 Apr 2023 00:58
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16073

Actions (login required)

View Item View Item