Puteri, Hacika Anzalna (2021) Pengaruh Brand Ambassador Transgression terhadap Brand Image Biore: Studi Kasus Instagram Story Adhisty Zara dan Pengaruhnya terhadap Citra Merek. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Penggunaan duta merek atau brand ambassador adalah salah satu strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan. Tidak jarang selebriti dijadikan brand ambassador oleh perusahaan sebagai medium komunikasi antara perusahaan dengan konsumen. Penggunaan brand ambassador dapat juga berpotensi berdampak negatif jika Brand ambassador-nya melakukan pelanggaran. Adhisty Zara terpilih sebagai brand ambassador Biore sejak 2019 dan diberhentikan pada tahun 2020 oleh Biore, setelah Adhisty Zara terkena skandal video asusila Instagram Story. Teori dan konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah brand ambassador transgression (pelanggaran), dan brand image. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh brand ambassador transgression terhadap brand image Biore. Penelitian kuantatif ini dilakukan dengan metode survey. Populasi yang dipilih merupakan followers dari akun @Zaraadhisty. Sampel yang dipilih adalah non- probability sampling melalui purposive sampling. Jumlah sampel dari penelitian ini adalah 363 orang, dan dikumpulkan melalui kuesioner. Data dari responden tersebut dianalisis dengan menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pengaruh dari brand ambassador transgression hanya sebesar 27,6 %, terhadap brand image Biore. Artinya, persepsi konsumen tentang citra dan kualitas produk Biore di ingatan konsumen tidak berubah memburuk akibat kasus brand ambassador transgression oleh Adhisty Zara.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | brand ambassador, brand ambassador transgression, brand image |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 18:23 |
Last Modified: | 02 May 2023 02:37 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16080 |
Actions (login required)
View Item |