Hoviniemi, Linda Elisa Juanita
(2021)
Government Public Relations Image Repair Strategy in Crisis Communication: Content Analysis of Official News Release of the Ministry of Health and Detik.com Digital News Related to Negative Opinions in Handling Covid-19.
Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Pandemi Covid-19 yang mulai menginfeksi beberapa negara di dunia menimbulkan keresahan dan kepanikan tidak hanya bagi masyarakat umum, namun juga pemerintah. Kementerian Kesehatan Indonesia mengalami beberapa krisis terkait dengan penanganan Covid-19 di Indonesia sejak kasus pertamanya pada awal Maret 2020. Penelitian ini meneliti tentang strategi Kementerian Kesehatan dalam memperbaiki citranya di tengah krisis komunikasi pada periode waktu 2 31 Maret 2020. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kualitatif untuk meneliti respons Kementerian Kesehatan dalam pemberitaan online Detik.com dan rilis berita resminya menggunakan teori strategi Image Repair. Hal ini menjadi menarik karena dalam menjalankan fungsinya sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19 di Indonesia, citra dan reputasi Kementerian Kesehatan menjadi penting agar dapat mendapatkan dukungan dan kepercayaan publik untuk menjalankan upaya penanganan Covid-19 di Indonesia. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukan kelima strategi Image Repair, yaitu Denial, Evasion of Responsibility, Reducing Offensiveness, Corrective Action, dan Mortification. Namun, penggunaan strategi tersebut didominasi dengan penggunaan strategi Corrective Action.
Actions (login required)
 |
View Item |