Representasi Metroseksual dalam Iklan Nivea Men Creme dan Deo

Ferdinan Susanto, Raffael (2021) Representasi Metroseksual dalam Iklan Nivea Men Creme dan Deo. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (405kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (311kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (740kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (258kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (658kB)

Abstract

Metroseksual adalah sebuah maskulinitas yang menandakan suatu individu memiliki sifat yang feminin tapi tetap berperilaku seperti laki-laki pada umumnya. Alasan memilih iklan Nivea Men Creme dan Nivea Espresso Deo karena keduanya memiliki jenis maskulinitas yang menyerupai, di mana pada iklan Nivea Men Creme #RealMen metroseksual adalah sosok yang merawat kecantikan dan kesehatan fisik, gemar grooming, dan merawat diri, dan untuk iklan Nivea Men Deep Espresso Deo #SegarTerusMenangTerus metroseksual adalah sosok pria yang wangi, terlihat segar dan penuh gaya, serta menjadi pria yang dapat membangun interaksi dengan orang lain sehingga dikagumi banyak orang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi pria metroseksual dalam iklan Nivea Men Creme dan Deo menggunakan studi analisis semiotika Roland Barthes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan menggunakan metode penelitian analisis isi semiotika Roland Barthes. Unit analisis dari penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis dari penelitian ini adalah tanda verbal, nonverbal, mise en scene, dan juga menggunakan kelima kode Roland Barthes yaitu hermeneutik, simbolik, semik, kultural, dan proairetik. Hasil dari penelitian ini adalah kedua iklan milik Nivea Men merepresentasikan metroseksual. Pada iklan Nivea Men Creme #RealMen laki-laki metroseksual adalah sosok yang bersih, penuh gaya, dan memiliki daya tarik bagi lawan jenis dan sesama jenis. Sementara pada iklan Nivea Men Deep Espresso Deo #SegarTerusMenangTerus laki-laki metroseksual adalah laki-laki yang gemar menghabiskan waktunya di daerah metropolis, berani mengekspresikan gaya ke publik, dan yang paling penting harus selalu wangi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Metroseksual, Maskulinitas, Semiotika, Roland Barthes, Nivea Men, Iklan
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 16:40
Last Modified: 26 Apr 2023 00:55
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16171

Actions (login required)

View Item View Item