Gathut Abyantoro Seno, Hayu (2021) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Attitude Towards Online Food Delivery Services dan Implikasinya Terhadap Behavioral Intention Towards Online Food Delivery Services: Telaah pada Calon Pengguna Aplikasi Fore Coffee. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Dicapainya angka PDB Ekonomi Kreatif pada tahun 2019 sebesar Rp. 1,200 Triliun, dimana subsektor kuliner memberikan kontribusi sebesar 30% terhadap Ekonomi Kreatif, dapat disimpulkan bahwa industri kuliner saat ini sedang mengalami pertumbuhan. Ditambah dengan Indonesia sebagai negara pengguna aplikasi mobile paling aktif keempat di dunia dengan rata-rata penggunaan aplikasi mobile sekitar 4 jam perhari. Fore Coffee adalah sebuah start-up bermodel bisnis kedai kopi yang menggabungkan kopi dan teknologi. Fore Coffee sendiri memiliki aplikasi bernama Fore Coffee, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi behavioral intention konsumen untuk menggunakan aplikasi Fore Coffee. Pada penelitian ini menggunakan descriptive research design, data yang didapat sebanyak 145 sampel dengan melakukan penyebaran kuesioner secara online dan dianalisa menggunakan teknik structural equation model dengan software LISREL 8.8. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa time saving orientation memiliki pengaruh positif terhadap convenience motivaition dan post-usage usefulness, serta price saving orientation memiliki pengaruh positif terhadap post-usage usefulness dan post-usage usefulness memiliki pengaruh positif terhadap attitude towards online food delivery services, dan behavioral intention towards online food delivery services dipengaruhi secara positif oleh attitutde towards online food delivery services. Implikasi manajerial dari hasil penelitian ini adalah dengan menjamin dalam waktu 30 menit pesanan kopi konsumen akan datang kepada konsumen dan Fore Coffee dapat mengedukasi konsumen terkait menjaga kesehatan dimasa pandemi seperti ini.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | hedonic motivation, prior online purchase experience, time saving orientation, price saving orientation, convenience motivation, post-usage usefulness, attitude towards online food delivery services, behavioral intention towards online food delivery services |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 19:01 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 08:37 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16217 |
Actions (login required)
View Item |