Septiana, Visakha (2021) Alur Kerja Video Editor Media Sosial Di Harian Kompas. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (327kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (14kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Pada era ini, sudah banyak media baik di luar negeri maupun di dalam negeri yang sudah memanfaatkan media sosial untuk menunjang kerja jurnalistik. Media sosial dapat menunjang kerja jurnalistik untuk mencari ide peliputan, mencari narasumber, atau mencari informasi untuk story yang ingin dibangun. Selain itu, media sosial juga dapat membantu distribusi berita untuk jangkauan yang lebih luas. Media sosial juga dapat meningkatkan engagement audiens dengan arus komunikasi yang interaktif antara media dan audiens. Melihat pengaruhnya yang besar bagi kerja jurnalistik, penting untuk para jurnalis mengetahui dan memahami cara kerja media sosial untuk kerja jurnalistiknya. Keterampilan jurnalis yang sekarang dibutuhkan di redaksi adalah untuk dapat bekerja pada satu atau bahkan dua platform. Salah satu media di Indonesia yang turut menggunakan media sosial untuk menunjang kerja jurnalistiknya adalah Harian Kompas. Harian Kompas memanfaatkan empat platform media sosial, yaitu Facebook, Twitter, Instagram, dan baru-baru ini berfokus pada Youtube. Setiap platform media sosial tentunya memiliki fitur dan karakteristik masing-masing yang nantinya akan menentukan bagaimana suatu konten dikemas sesuai dengan fitur dan karakteristik dari media sosial tersebut. Salah satu konten yang dikemas Harian Kompas untuk media sosialnya adalah konten dengan bentuk video. Untuk dapat mempelajari bagaimana Harian Kompas mengemas video untuk media sosialnya berdasarkan fitur dan karakteristik masing-masing media sosial, penulis memilih untuk melakukan praktik magang di Departemen Media Sosial Harian Kompas. Laporan ini berisikan penjelasan mengenai alur kerja penulis sebagai video editor dalam memproduksi konten untuk media sosial Harian Kompas selama 86 hari kerja magang.
Item Type: | Thesis (Internship) |
---|---|
Keywords: | alur kerja, video editor, media sosial, Harian Kompas |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 16:08 |
Last Modified: | 20 Jun 2023 01:17 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16251 |
Actions (login required)
View Item |