Representasi Citra PT. MRT Jakarta pada Masa PSBB Transisi (Studi Semiotika Roland Barthes pada Unggahan Youtube PT. MRT Jakarta Periode Juli-Agustus 2020)

Kevin Marlis, Audra (2021) Representasi Citra PT. MRT Jakarta pada Masa PSBB Transisi (Studi Semiotika Roland Barthes pada Unggahan Youtube PT. MRT Jakarta Periode Juli-Agustus 2020). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (301kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (24kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (71kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (222kB)

Abstract

Media sosial menjadi salah satu platform bagi perusahaan untuk menyampaikan pesan yang ingin disampaikan kepada masyarakat, termasuk juga dalam membangun citra perusahaan dimata masyarakat sesuai dengan keinginan perusahaan, melalui Corporate Storytelling. Sebagai perusahaan transportasi umum, pandemi Covid-19 menjadi suatu pukulan telak bagi perusahaan, Oleh karena itu untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat dalam menggunakan transportasi umum, MRT Jakarta berupaya meningkatkan pelayanannya dan menjaga ketat protokol kesehatan, serta menjaga kebersihan area. Pada penelitian yang berjudul "Representasi Citra PT MRT Jakarta Pada Masa PSBB Transisi" mempunyai tujuan untuk dapat mengetahui mengenai gambaran atau representasi citra perusahaan dalam hal ini adalah MRT Jakarta yang merupakan transportasi umum milik pemerintah daerah atau BUMD dalam membangun citra baik dalam hal pelayanan dan kebersihan kepada masyarakat khususnya pada saat situasi pandemi Covid-19. Dalam penelitian ini representasi citra MRT Jakarta berupaya untuk dianalisis melalui tanda-tanda yang terdapat dalam Corporate Storytelling berjudul #MRTTetapAman 1" menggunakan lima kode bacaan milik Roland Barthes. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif, dan menggunakan metode penelitian semiotika. Unit analisis dalam penelitian ini menggunakan Corporate Storytelling yang diunggah di Youtube channel MRTv dengan menggunakan teknik analisis semiotika Roland Barthes. Hasil yang terdapat dalam penelitian ini adalah diketahui adanya tanda-tanda yang merepresentasikan citra MRT Jakarta dalam antisipasi adanya penularan virus Covid-19 di area MRT Jakarta, melalui diterapkannya protokol kesehatan yang ketat dan menjaga kebersihan di area MRT Jakarta, serta pelayanan yang baik.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Representasi, Citra, MRT Jakarta, Analisis Semiotika, Roland Barthes, Corporate Storytelling
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 20:23
Last Modified: 27 Apr 2023 05:02
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16252

Actions (login required)

View Item View Item