Strategi Akomodasi Komunikasi Pimpinan dan Karyawan dalam Organisasi: Studi Kasus Pimpinan dan Karyawan Beda Etnis pada PT BANK BTPN Semarang

Suryo Dewi, Revina (2021) Strategi Akomodasi Komunikasi Pimpinan dan Karyawan dalam Organisasi: Studi Kasus Pimpinan dan Karyawan Beda Etnis pada PT BANK BTPN Semarang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (193kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (121kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (439kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (90kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (566kB)

Abstract

Budaya organisasi menjadi salah satu aspek penting dalam organisasi karena budaya organisasi diartikan sebagai suatu sistem nilai yang merupakan kesepakatan kolektif dari semua yang terlibat dalam perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) apa saja hambatan komunikasi organisasi antara pimpinan dan karyawan yang berbeda etnis di PT Bank BTPN Semarang; 2) Mengetahui jenis strategi akomodasi komunikasi yang dilakukan oleh pimpinan dan karyawan yang berbeda etnis dalam komunikasi organisasi di PT Bank BTPN Semarang. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi antar budaya, organisasi, hambatan komunikasi, serta teori akomodasi komunikasi Howard Giles. Penelitian menggunakan paradigma post positivis, pendekatan kualitatif, metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pada situasi formal yakni berkaitan dengan keperluan dalam bekerja, pimpinan Batak dan karyawan Jawa menggunakan strategi akomodasi komunikasi konvergensi, sedangkan padasituasi informal, karyawan Jawa dan pimpinan Batak menggunakan strategi akomodasi divergensi walaupun keduanya sudah berusaha konvergen.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Akomodasi Komunikasi, Komunikasi Organisasi, Strategi Komunikasi Antar Budaya
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.3 Personnel, Staff, Employee, Human Resource Management, Training
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 15:47
Last Modified: 11 May 2023 02:05
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16288

Actions (login required)

View Item View Item