Konsep Diri Penggemar K-Pop di Kalangan Generasi Millennial dan Post-Millennial (Fenomena K-Pop Role Player di Media Sosial Twitter)

Rafaela Wangke, Grace (2021) Konsep Diri Penggemar K-Pop di Kalangan Generasi Millennial dan Post-Millennial (Fenomena K-Pop Role Player di Media Sosial Twitter). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (678kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (129kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (276kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (48kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Keberadaan budaya populer K-Pop di Indonesia dipengaruhi oleh keberadaan penggemar. Budaya K-Pop setiap tahunnya memiliki peningkatan jumlah penggemar. Hal ini disebabkan oleh banyaknya konten yang diproduksi oleh industri hiburan tersebut. Salah satu bentuk apresiasi terhadap idola K-Pop selain dengan mendukung musiknya adalah dengan role player. Role player merupakan sebuah kegiatan permainan peran dengan "meminjam" identitas dari seorang idola K-Pop. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui konsep diri penggemar K-Pop di kalangan generasi Millennial dan Post Millennial sebagai pelaku K-Pop role player dan untuk mengetahui hal yang mendasari penggemar K-Pop dalam mengonsepkan dirinya sebagai seorang idola K-Pop. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi langsung di media sosial Twitter. Keabsahan data diuji dengan teknik triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Hasil yang diperoleh adalah penggemar K-Pop pada generasi Y merasa lebih nyaman ketika berperan sebagai idola laki-laki dan mengonsepkan diri mereka layaknya idola yang diperankannya. Sedangkan generasi Z merasa fleksibel ketika mengonsepkan diri mereka sebagai K-Pop role player dan memilih karakter idola yang memiliki kesamaan dengan sifat aslinya. Penggemar K-Pop generasi Y dan Z menyesuaikan dan membangun konsep diri mereka sesuai dengan idola yang diperankannya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Konsep diri, Penggemar K-Pop, K-Pop Role Player, Generasi Millennial, Generasi Post Millennial
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 21:32
Last Modified: 04 May 2023 05:48
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16290

Actions (login required)

View Item View Item