Laura, Merlin (2021) Strategi Presentasi Diri Influencer Jerome Polin pada Youtube Nihongo Mantappu. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya mempresentasikan diri bagi influencer dalam media sosial. Salah satunya influencer Jerome Polin yang menggunakan channel yang dikenal Nihongo Mantappu. Konten video Jerome Polin pada awalnya mengedukasi tentang kemudahan belajar matematika untuk remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi presentasi diri yang dilakukan influencer Jerome Polin di Youtube. Dengan acuan teori yang mendasari penelitian ini adalah teori presentasi diri Goffman dan konsep strategi presentasi diri Jones & Pittman yakni ingratitation, self promotion, exemplification dan supplication. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah analisis isi Youtube dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan strategi presentasi diri yang digunakan Jerome Polin di youtube Nihongo Mantappu: (1) ingratiation dengan menggambarkan influencer Jerome Polin sebagai diri yang positif, humoris dan humble; (2) self promotion lebih menampilkan kemampuan di bidang matematika dan bahasa Jepang yang dilakukan influencer Jerome Polin; (3) exemplification dengan menekankan kedisplinan waktu kuliah dan membuat konten, kejujuran mengenai ketidakahlian di bidang pelajaran lainnya.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | strategi presentasi diri, influencer, Jerome Polin |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 18:16 |
Last Modified: | 27 Apr 2023 06:56 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16352 |
Actions (login required)
View Item |