Perancangan Lighting dan Color untuk Memvisualkan Emosi Karakter pada Animasi 2D “Ticking Turn”

Yulyanto, Fendy (2020) Perancangan Lighting dan Color untuk Memvisualkan Emosi Karakter pada Animasi 2D “Ticking Turn”. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (462kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (834kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (345kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (48kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Animasi dua dimensi memiliki kaitan erat dengan warna. Warna merupakan aspek yang dapat membantu penyampaian cerita secara visual baik itu pada film live action maupun animasi. Aspek visual dan warna dapat menjadi selaras ketika warna dapat menyampaikan sebuah cerita. Komposisi tata warna yang berbeda dalam setiap adegan tertentu dapat menggambarkan suatu emosi dan suasana yang dirasakan oleh penonton. Hal ini digunakan untuk menggambarkan perbedaan suatu suasana dalam cerita tanpa bergantung pada dialog maupun gerakan. Dalam produksi film animasi dua dimensi itu sendiri ada proses perancangan tata warna yang disebut sebagai color script. Maka dari itu penulis tertarik untuk membahas proses perancangan color script yang dapat menggambarkan suasana dalam cerita. Metode yang digunakan oleh penulis untuk mencari data penelitian adalah melalui kajian literatur, observasi film live action atau animasi lainnya, dan melakukan eksperimen pada color script untuk mendapatkan warna yang sesuai dengan apa yang ingin cerita animasi pendek dua dimensi penulis ingin sampaikan. Hasil color script tersebut diharapkan penulis untuk membantu dan memberikan gambaran akan struktur dan kesinambungan cerita pada film animasi tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Animasi dua dimensi, color script, warna, emosi
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 13:28
Last Modified: 28 Aug 2023 00:22
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16433

Actions (login required)

View Item View Item