Ixion, Venessa (2020) Penerapan Visual Flat Desain pada Tokoh Animasi Motion Graphic Mengenai Pengenalan Budaya Batak "Dalihan Na Tolu". Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (466kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (829kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (968kB) |
Abstract
Tokoh merupakan sebuah elemen penting dalam sebuah animasi motion graphic karena tokoh dapat memperlihatkan lokasi/ latar belakang cerita. Tentunya untuk memperlihatkan lokasi/ latar belakang cerita, tokoh yang dirancang perlu memiliki ciri khas yang mendukung. Untuk mendukung hal tersebut, tokoh yang dirancang dapat memiliki suku tertentu yang mendukung latar belakang cerita. Hal tersebut diterapkan pada animasi motion graphic "Kesetaraan Gender dalam Budaya Batak Dalihan Na Tolu". Dalam animasi tugas akhir ini, tokoh yang dirancang adalah tokoh yang bersuku Batak dan berlatar belakang di perdesaan tepi Danau Toba. Dengan tokoh yang dirancang, dapat dengan mudah ditebak bahwa tokoh tersebut menceritakan mengenai latar belakang suku Batak. Tidak lupa juga, penulis akan merancang para tokoh dalam style flat desain. Itu dikarenakan tokoh akan dirancang dalam teknik vector yang menggunakan outline dan warna yang sederhana. Metode yang digunakan dalam perancangan tokoh ini adalah metode kajian literatur, observasi dari foto dan animasi motion graphic yang sudah ada dan eksperimen perancangan tokoh hingga mendapatkan yang sesuai. Perancangan tokoh ini diharapkan dapat menghasilkan tokoh yang dapat ditebak darimana asal latar belakangnya oleh penonton. Karena jika dapat ditebak, tentunya akan semakin sesuai dengan cerita/ topik yang dibahas.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Tokoh, Suku Batak, Flat Desain, Motion Graphic |
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Film & Animation |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 16:18 |
Last Modified: | 15 Sep 2023 00:45 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16455 |
Actions (login required)
View Item |