Perancangan Shot dalam Film Pendek Animasi 3D "ONDEL" untuk Memvisualkan Halusinasi Anak-Anak

Aileen, Shavira (2021) Perancangan Shot dalam Film Pendek Animasi 3D "ONDEL" untuk Memvisualkan Halusinasi Anak-Anak. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (699kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (665kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (70kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Dalam penceritaan melalui sinemasi, teknik penceritaan visual merupakan kunci filmmaker untuk menyampaikan cerita kepada penonton. Penyampaian cerita menggunakan teknik penceritaan visual dapat disampaikan melalui segi teknis dan segi filosofis. Setiap penggunaan teknik yang berbeda, bisa memberikan pemahaman cerita yang berbeda-beda pula. Dibandingkan medium pencerita lainnya, animasi memiliki ketergantungan lebih terhadap tampilan visual untuk menyampaikan ceritanya. Selain itu, teknik penceritaan visual yang diaplikasikan ke dalam setiap shot juga memiliki kemampuan untuk membawa penonton dapat mengalami cerita seakan benar-benar dialaminya. Melalui skripsi penciptaan ini, penulis akan melakukan penelitian untuk merancang shot untuk memvisualkan halusinasi anak-anak dalam film pendek animasi 3D "ONDEL". Untuk dapat menyampaikan visual tersebut, perancangan akan menggunakan mise-en-scène, POV shot, pergerakan dan angle kamera, serta jenis lensa. Pengaplikasian teknik- teknik tersebut sebelumnya akan diteliti terlebih dahulu oleh penulis melalui literasi serta riset lapangan dan analisa referensi film-film yang sudah melakukan pendekatan sejenis. Perancangan shot ini diharapkan dapat membawa penonton dapat merasakan pengalaman yang dialami oleh karakter dalam cerita.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: halusinasi, visual storytelling, animasi, shot
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods
700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 770 Photography, Computer Art, Cinematography, Videography, Film, Movie
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 18:51
Last Modified: 31 May 2023 02:27
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16468

Actions (login required)

View Item View Item