Aktivitas Divisi Partnership Shopee Live PT Shopee International Indonesia

Julianne, Jenifer (2021) Aktivitas Divisi Partnership Shopee Live PT Shopee International Indonesia. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (395kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (597kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (90kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9MB)

Abstract

Belanja online merupakan hal yang sedang marak dikalangan masyarakat. Salah satu industri yang juga berkembang karena adanya kebiasaaan belanja online ialah e-commerce. Shopee merupakan platform e-commerce terkemuka di Asia Tenggara dan Taiwan. Platform yang dirancang untuk memberikan pengalaman belanja online yang mudah, aman, dan cepat melalui pembayaran dan juga dukungan logistik yang kuat. Shopee merupakan anak perusahaan Sea Group, perusahaan yang pertama kali berdiri di tahun 2015. Saat ini, pengguna Shopee merupakan penggunan e-commerce terbanyak jika dibandingkan dengan pesaingnya. Oleh karena itu, Shopee terus melakukan berbagai inovasi untuk mempertahankan posisinya. Shopee menciptakan berbagai tab di antaranya ialah Shopee Live, di mana para penggunanya dapat berbelanja dan juga mendapatkan hiburan. Dalam upaya meningkatkan penggunanya untuk terus menggunakan aplikasi Shopee dan memiliki banyak streamers dalam Shopee Live maka terdapatlah tim partnership yang bertugas untuk melakukan kerja sama dengan management yang memiliki talent untuk menjadi streamers Shopee Live. Penulis melakukan kerja magang selama 61 hari, penulis tergabung dalam tim partnership dengan beberapa jobdesk yaitu partnership dengan management/MCN, lobbying dengan management/MCN, monitoring live streaming para streamers melalui sistem back end, content marketing untuk materi endorse para streamers, dan juga weekly report. Hal yang didapat oleh penulis dari kegiatan kerja magang yaitu dapat mengetahui kegiatan partnership yang dilakukan oleh Shopee Live dan juga mempelajari kegiatan lainnya, seperti lobbying, monitoring, dan juga menyusun content marketing. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, seperti transparansi dalam partnership dengan para streamers bukan hanya dengan management saja untuk mencegah kesalahpahaman dan juga meningkatkan sisi uniqueness dari content marketing yang disusun.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: Partnership, Shopee Live, Streamer, Live
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 18:38
Last Modified: 27 Apr 2023 03:05
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16502

Actions (login required)

View Item View Item